Menyimpan Novel dalam Bentuk Digital


BooksDigitalSaya menegaskan sebelumnya. Bahwa dengan menulis artikel ini, Saya tidak bermaksud membuat seseorang menjadi pembajak. Tetapi untuk menyelamatkan cerita-cerita novel mereka. Artikel ini Saya tulis berdasarkan pengalaman Saya sendiri:

  • Banyak novel-novel saya yang dipinjam tidak dikembalikan.
  • Rumah saya pernah kebanjiran.
  • Saya sering membaca di manapun, tidak mengenal tempat. Dengan demikian, membawa novel dalam bentuk digital akan memudahkan saya untuk membawanya. Saya dapat membacanya melalui laptop, Ipad atau meletakkannya di server dan saya dapat mengaksesnya kapan saja. Tentu saja, saya membuatnya agar hanya saya yang dapat membacanya.
  • Saya sering memelajari novel agar saya dapat belajar dari para penulis. Dengan menyimpannya dalam bentuk digital, saya bisa memperoleh informasi, berapa banyak suatu kata diulang? Siapa nama tokoh yang mempunyai pacar A? Dan lain-lainnya.

Disamping hal diatas, saya juga ingin menegaskan, bahwa seluruh novel yang saya resensi disini saya beli sendiri. Saya tidak pernah mendapatkan dengan mengunduh secara digital. Lagipula, yang saya jelaskan disini tidak hanya berlaku untuk novel, tetapi juga untuk dokumen lain. Semisal, anda telah mencetak dokumen, tetapi sudah tidak mempunyai file-nya lagi. Dengan cara yang akan saya jelaskan berikut, Anda dapat memperoleh soft copy kembali.

Oke, sekarang saya lanjutkan dengan menjelaskan cara menyimpan novel dalam bentuk digital. Format dokumen digital tidak hanya satu. Pada artikel ini, saya memakai format yang umum dipakai, yaitu: PDF.

Perlengkapan yang dibutuhkan adalah:

  • Scanner (pengubah halaman buku menjadi bentuk gambar)
  • Software pengubah format gambar ke bentuk tulis (Sofware OCR). Banyak software seperti ini di internet. Disini saya memakai sofware JOCR
  • Software penyimpan file dalam format PDF. Anda dapat memakai software seperti OpenOffice, Microsoft Word 2007, atau Adobe Acrobat Reader.

 Cara Melakukan:

  • Scan novel terlebih dahulu

  • Ubah ke bentuk teks.
    Tampilan hasil scan dengan software untuk menampilkan gambar.

    tampilan scan

    Jalankan aplikasi JOCR

    tampilan JOCR

    Pilih Capture Region
    Software JOCR akan bersembunyi

    Pilih area gambar

    TampilanScan2

    Setelah tombol drag mouse anda lepas, otomatis software akan kembali ke aplikasi JOCR.

    TampilanScan3
    Pilih Recognize. Kemudian akan muncul kotak dialog berikut:

    TampilanScan4

    Tekan OK pada kotak dialog dan akan muncul hasil di notepad

    TampilanScan5

  • Simpan ke dalam format PDF
    Salin isi notepad ke software penyimpan file dalam bentuk PDF. Disini saya memakai OpenOffice.

    Tekan tombol yang diberi lingkaran merah

    TampilanScan6

    Masukkan nama file pada kotak yang akan muncul dan tekan tombol save.  Sekarang anda telah mempunyai file dalam bentuk PDF. Akhir kata: Simpan novel yang anda beli sendiri dan hanya untuk anda baca sendiri. Bantulah kreatifitas para penulis dengan membeli buku mereka.

11 responses to “Menyimpan Novel dalam Bentuk Digital

  1. Kak aplikasi nya harus di download dulu ya di laptop??

    Suka

  2. kalo scan buku itu dia harus dilepas dulu ga ya halama” nya? ato hasilnya tetep bagus saat di scan masih jilid an buku gitu?

    Suka

  3. yang paling lama berarti pas proses scanning yaa 😀 kayak ngukur jalan ya ceritanya heheee…

    Suka

  4. belum ngeh saya.Tapi akan saya pelajari dulu. Soalnya dulu ketika laptop rusak, saya sempat bingung lantara banyak sekali file di laptop. apalagi kata teman saya yang bekerja di dell itu data saya akan hilang semua, walau pada akhirnya berhasil di back up. tapi dengan adanya artikel ini, mungkan akan memudahkan sebagian penulis.

    terima kasih.

    dapat info di Kelas Menulis Online.

    Suka

Tinggalkan Balasan

