KOMPETISI MENULIS GAGASMEDIA 2013: 7 DEADLY SINS


KOMPETISI MENULIS GAGASMEDIA 2013: 7 DEADLY SINS

Hello, writers!

Pasti sudah kangen dong ditantang oleh GagasMedia dengan lomba menulisnya. Kali ini, tantangannya adalah menulis novel dengan karakter yang tidak sempurna. Kita semua tahu kan, karakter fiksi yang serbasempurna itu membosankan. Kamu bisa memilih salah satu kekurangan tokoh utamamu itu dari tujuh dosa mematikan (SEVEN DEADLY SINS) yang terkenal itu.

Ketujuh dosa yang dimaksud adalah WRATH (Murka), LUST (Nafsu), GLUTTONY (Kerakusan), GREED (Keserakahan), SLOTH (Kemalasan), ENVY (Dengki/Iri hati), dan PRIDE (Kesombongan). Kamu bisa belajar lebih lanjut mengenai 7 Deadly Sins di artikel http://gagasmedia.net/artikel/1234.html dan http://gagasmedia.net/artikel/1233.html🙂

Ketentuan:

  1. Genre naskah bebas (kecuali fantasi).
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, panjang antara 100-150 halaman A4, spasi 1, Times News Roman 12. Sertakan sinopsis lengkap maksimal 2 (halaman A4).
  3. Selain kualitas tulisan, juri akan membuat penilaian khusus berdasarkan kemampuan penulis menggarap kepribadian tokoh utama berdasarkan ‘dosa’ yang dipilihnya dan bagaimana kemampuan crafting si penulis menjalin kepribadian karakternya dengan jalan cerita (plot) naskahnya.
  4. Setiap penulis wajib membuat satu video promo (maksimal tiga menit, di-upload di Youtube atau media video sharing lainnya) yang berisi tentang deskripsi singkat naskah yang diikutkan lomba dan apa yang membuat juri wajib memilih naskahnya sebagai pemenang [perhitungannya: satu video promo untuk satu naskah. Jadi, kalau kamu mengajukan lebih dari satu naskah, videonya juga dibuat sejumlah naskah yang kamu ikutkan lomba].
  5. Naskah dikirim berbentuk print out (cetak, sudah dijilid rapi) sebanyak 1 (satu) eksemplar. Sertakan formulir lomba (download dari link ini: http://gagasmedia.net/media/FORMULIR_7_DEADLY_SINS.doc Kamu WAJIB mencantumkan link video promo buatanmu di formulir.
  6. Naskah dikirimkan ke redaksi GagasMedia (alamat: Jalan Haji Montong No. 57 Ciganjur-Jagakarsa, 12630). Di amplop pengiriman naskah, harap menuliskan kode GAGASMEDIA’S 7 DEADLY SINS berikut ‘dosa’ yang kamu pilih (misal: GAGASMEDIA’S 7 DEADLY SINS: WRATH).
  7. Naskah kamu diterima paling lambat 7 Mei 2013 (cap pos). Untuk mempermudah pendataan, diharapkan satu amplop saja untuk satu naskah.
  8. Naskah yang sudah dikirimkan untuk lomba ini tidak akan dikembalikan.
  9. Pemenang lomba akan diumumkan 7 Juli 2013 di website resmi dan fanpage GagasMedia.
  10. Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.

HADIAH

Sebagai apresiasi bagi karya-karya terbaik, GagasMedia memberikan penghargaan bagi 7 (tujuh) orang pemenang berupa uang tunai senilai Rp 5.000.000, tablet, dan voucher buku. Ketujuh pemenang juga berhak mendapatkan kontrak penerbitan dari GagasMedia.

Tunggu apa lagi?

Mulailah proyek menulismu dan jangan lupa menyiapkan lagu yang enak-enak di playlist-mu. Start working on your novel and be the next famous author in Indonesia!

Love,

GAGASMEDIA

Question and Answer

Harus ada video?

Ya, harus ada. Itu adalah salah satu kelengkapan administratif untuk Kompetisi 7 Deadly Sins. Video menjadi media bagi penulis untuk mempresentasikan, mempromosikan, dan “merayu” para dewan juri atas naskah yang kamu kirimkan. Ini juga menjadi kesempatan bagi GagasMedia untuk mencari penulis yang bangga dengan kualitas diri dan naskah yang ditulisnya.

Apakah ada batasan usia?

Tidak ada batasan usia untuk berkarya. Jadi, siapa saja boleh untuk berpartisipasi untuk menulis.

Boleh bergenre fantasi tau science fiction (sci-fi)?

Maaf, untuk genre ini tidak diperbolehkan. GagasMedia hanya mencari naskah yang berbasis realistic fiction.

Berapa dosa yang boleh kami gunakan untuk mengikuti kompetisi ini?

SATU. Hanya satu. Sudah ada di persyaratannya lho. J

Di mana saya bisa melihat contoh video?

Kamu bisa melihat contoh video di Youtube yang pernah di-upload oleh teman-teman yang mengikuti Kompetisi Roman 100% Indonesia.

Apakah boleh tulisan berjalan saja yang menjadi videonya?

Wah, disarankan tidak hanya teks berjalan saja karena kami juga ingin melihat bagaimana kamu memrpesentasikan naskahmu kepada dewan juri.

Kalau naskah dikirim lewat Facebook atau e-mail?

TIDAK. GagasMedia tidak pernah menerima naskah dalam bentuk softcopy baik lewat e-mail ataupun Facebook. Naskah tersebut tidak akan pernah diproses. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepercayaan antara penulis dengan redaksi untuk mencegah terjadinya pembajakan ataupun plagiarisme. Naskah harus dikirim via pos.

Bolehkah penulisnya dua orang?

Tidak pernah ada larangan untuk hal ini. Namun, yang harus dipertimbangkan adalah kesepakatan kamu dengan rekan menulismu karena akan ada kesepakatan mengenai uang apabila diterbitkan. GagasMedia tidak bisa ikut campur untuk hal ini karena sudah menjadi urusan internal penulis.

Boleh berapa naskah yang dikirimkan dari satu orang?

Tidak ada batasan. Yang pasti satu amplop berarti satu naskah, satu video, satu formulir, satu surat pernyataan. Jika kamu sudah melengkapi hal tersebut berarti kamu sudah melengkapi persyaratan administratif.

Di naskahnya, penulis menjadi tokoh utama atau pencerita atau pengamat?

Kami memberikan kebebasan untuk kamu, wahai para calon penulis GagasMedia. Silakan kamu mengembangkan jalan ceritanya dari sudut pandang apa, setting di mana dan kapan, atau karakter apa yang kamu pilih.

Tokoh yang jahat harus menjadi karakter utama?

Silakan dibaca kembali persyaratannya. Di sana sudah tertera jelas lho! *clue: di paragraf pertama*🙂

Naskah haruskah berdasarkan kisah nyata?

Itu terserah kamu sebagai penulis. GagasMedia tidak menentukan apakah harus berdasarkan kisah nyata ataupun tidak.

Apabila tidak menang, apakah naskah boleh dikirimkan kepada penerbit lain?

Boleh, hak naskah ada pada penulis apabila tidak menang. Namun, GagasMedia tidak akan mengembalikan naskah yang sudah masuk untuk kompetisi ini.

2 responses to “KOMPETISI MENULIS GAGASMEDIA 2013: 7 DEADLY SINS

  1. Hallo, saya mau tanya, saya warga negara indonesia, tetapi sedang belajar di luar negeri. yang ingin saya tanyakan:
    1. apakah saya boleh nikut kompetisi ini?
    2. kalau boleh ikut, bagaimana mengirimkannya? apakah boleh lewat keluarga yang ada di jakarta?
    terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s