Syarat dan Cara Kirim Ke Penerbit Gramedia Pustaka Utama


logo-GMKami selalu menerima naskah dari penulis untuk kami terbitkan, bila naskah tersebut kami nilai memenuhi standar penerbitan kami. Namun, maaf sekali, kami tidak bisa menerima naskah yang dikirimkan melalui e-mail, karena akan menyulitkan tim editor dalam melakukan penilaian naskah.

Buku-buku umum yang kami terbitkan adalah buku-buku yang mengandung nilai-nilai yang sejalan dengan mission statement kami,yaitu “Bersama komponen bangsa yang lain, ikut serta menciptakanIndonesia Baru dengan nilai-nilai humanisme transendental.” Karenaitu, buku yang kami terbitkan adalah yang mengembangkan nilai-nilaikemanusiaan yang beriman kepada Sang Pencipta dan Pemelihara, yaituTuhan Semesta Alam. Itu berarti bahwa kami akan menerbitkan bukuyang mendorong munculnya semangat pluralis, demokratis, inklusif,cerdas, berwawasan luas, profesional, berbudaya, humanis, danreligius. Sebaliknya, kami mengindari penerbitan naskah yangmendorong semangat fanatik sempit, picik, anti-refleksi dan anti-pembelajaran, pelecehan terhadap kemanusiaan.

Apabila Anda ingin menerbitkan naskah Anda, silakan kirimkan naskah tersebut ke alamat kami di

PT Gramedia Pustaka Utama
Gedung Kompas Gramedia Lantai 5
Jl. Palmerah Barat 29-37
Jakarta 10270

Cantumkan jenis naskah Anda di sudut kiri atas. Fiksi/Nonfiksi. Remaja/Dewasa. Dll. Untuk memudahkan proses seleksi/pengkategorian.

Naskah yang dikirimkan harus dalam bentuk print out, lengkap (tidak hanya cuplikan naskah).Sertakan pula sinopsis cerita.

Tebal naskah untuk novel 100-200 halaman. (Bisa lebih asal jangan berlebihan)

Untuk buku anak, lengkapi dengan contoh ilustrasi. Konsep cerita (terutama untuk buku berseri).

Jenis kertas yang digunakan bebas, asal mudah dan enak dibaca. Ukuran font 12pt, dan spasi 1,5. Tema naskah juga bebas, selama tidak menyinggung SARA dan vulgar.

Sertakan bersama naskah Anda, data diri singkat.

Naskah sebaiknya sudah dijilid, agar tidak tercecer selama dibaca oleh tim editor kami.

Setelah masuk ke meja redaksi, naskah akan dibaca oleh tim editor selama minimal 4-5 bulan. Naskah yang belum bisa kami terbitkan, akan kami kembalikan.

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi 53650110 ext. 3511/3512 (redaksi fiksi/nonfiksi).
Atau via e-mail: fiksi@gramediapublishers.com atau nonfiksi@gramediapublishers.com

NB.: Kami tidak memungut bayaran apapun kepada penulis yang ingin menerbitkan naskahnya.

About these ads

492 responses to “Syarat dan Cara Kirim Ke Penerbit Gramedia Pustaka Utama

  1. kak saya sedikit bingung dalam memilah genre nya. tema nya sih remaja banget lebih mengarah ke persahabatan gitu, kira kira genre nya masuk ke fiksi/nonfiksi? thanksss ;)

  2. Kak, Naskah yang dikirim harus 40.000 kata minimalnya? Kalo hanya 30.000 kata nggak boleh ya? Makasih :)

  3. kalau cuma 70 halaman hvs boleh gak?
    kan kalo jadi kertas biasa bakalan sekitar 140 an kurang lebih.

  4. kalo cerpen berapa halaman ?

  5. Ayu Purwatiningsih

    Kak, minta alamat emailnya dong :)

  6. Saya mempunyai novel ukuran (13*19) cm sebanyak 150+ lembar . Kalau cetak sekitar 100 eks + cover dibuat penerbit pakai biaya tidak? Terus di distribusikan ke toko, tidak? Terima kasih.

  7. Ada pengeluaran biaya?

  8. Apa gramedia menerima naskah yang pernah terbit secara self publishing?

    • jangankan self publishing, pernah diterbitkan oleh penerbit lain juga pernah, kok. Yang penting tidak terikat kontrak. Sebab ada beberapa self publishing yang mengharuskan menjual sekian baru penulis tersebut dapat ke penerbit lain

  9. Reblogged this on Be A Wind and commented:
    Yang minat… memicu semangat saya hahaha!

  10. hallo mas octa…
    satu bulan yang lalu saya mengirim naskah fiksi yang berjudul ‘SANG TRISILA’, saya tulis dengan bahasa pujangga sprti bahasa sajak, puisi, lagu ato pantun dan banyak mengandung bumbu philosofi. namun ada satu yang mengganjal di pikiran saya.
    apa benar gramedia tidak mudah untuk ditembus oleh penulis amatir dan hanya untuk buku yang best deller atau untuk yang telah punya nama besar saja?
    saya juga mau minta alamat emai mas octa.
    thx b4
    best regard

  11. Kalau naskah dengan genre thriller, bagaimana?

  12. Sinopsis nya bagimana, ya? Harus menceritakan semua isi ceritanya (awal sampai akhir) atau kayak di belakang buku novel gitu? Boleh dua halaman tidak? (sinopsis)

    • Untu sinopsis, silakan baca artikel saya tentang resensi. Saya selalu meringkas novelnya sebelum memberikan komentar. Sedangkan yang di belakang buku itu namanya blurb. Bedanya: Blurb adalah kata-kata yang digunakan penulis untuk menarik orang untuk membaca. Blurb mungkin mengandung pertanyaan, tetapi sinopsis tidak

  13. aku seorang pemula, aku ingin belajar menulis novel tapi aku bingung bahasanya yang baik seperti apa, bisa gak ya bantu aku koreksi hasil tulisanku,?

  14. aku ingin sekali menerbitkan buku, kira-kira kalau menulis dengan bahasa sehari-hari diperbolehkan ga ya buat gramedia? misalkan pakai bahasa betawi seperti gue atau lu gitu..

  15. 1000 karekter kira – kira berapa halaman ya.?

  16. maaf kak,sya mau nanya untuk ukuran print aut nya standar ea

  17. aku mau nanya bro, kalo yang ada sangkut pautnya dengan sex gimana? bisa nga, maksudnya bukan erotis kaya 50 shades of grey, tapi aku kan bikin teman tentang, ya efek dari gaya hidup bebas lho, kaya sex, drug, party. tapi maksudnya aku membuat suatu paradok tentang efek dari gaya hidup bebas itu lho.

  18. Mas..gmn sih cara nulis yg baik dan benar? Bisa mnta tolong koreksiin cerpen sy nggak? Saya ada beberapa naskah novel dan belasan cerpen tp msh ragu untuk mempublikasikannya. Terimkasih.

  19. Haloo admin
    Kalau saya mau kirim kumpulan cerpen kisah nyata dicampur dengan cerpen fiksi bisa tidak ya? Misal cerpen kisah nyata 11 judul dan cerpen fiksi 4 judul. Bs tidak?
    Terima kasih.

  20. mas mohon maaf, salah satu teman kampus saya tanya, seandainya, karya beliau terbit di gramedia, dan bisa terjual, apakah si penulis juga mendapat royalti nya dari penjualan gramedia atas karyanya? terimakasih

    • Ya, dapat royalti dan TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN

      • Boleh tanya kak. Berapa royalti yang di dapat dari penjualan? Terus apakah kita sebagai penulis diberi kabar jika tulisan kita di jual oleh pihak gramedia? Untuk setiap bentuk tulisan apakan aman dari penjiplakan serupa oleh pihak lain? Kalau untuk penulisan resep masakan tradisional suatu daerah apakah bisa di terima? Terimakasih

  21. mas mau tanya. saya mau kirim tulisan tentang tutorial simulasi elektronika. di dalamnya memuat banyak gambar, kira-kira bisa diterima apa tidak? posisi saya di sidoarjo-jatim. kalau mengirimnya di surabaya di mana?

  22. Terima kasih informasinya, semoga saya bisa menyusul untuk bisa menyelesaikan novel saya dan bisa segera mengirimkan karya saya ini. amin

  23. maaf kak,,aku punya cerpen,aku mau buat novel tap aku pingin kk nge cek cerpen aku ini.kira2 bahsa atau alur ada yang kurang atau tidak.boleh kak?nanti aku kirim lewat email ka octa ya :)

  24. kak mau tanya, kalau tentang how to make…. berati kategori non fiksi ya? kaya buku craft & DIY gitu, minimal brpa hal?

  25. Kak saya mau tanya. Cover novelnya itu di buat sendiri, atau tim dari gramedia yang buatkan?
    Terima kasih

  26. boleh tidak tebal halaman kurang dari 100 halaman?

  27. saya mau tanya, kalau misalnya umur untuk menulis buku remaja, di atas brp tahun ?

  28. Maaf kak, saya mau nanya !! saya udah kirimin naskah novel saya di alamat yang tertera di atas, tapi alamat emailnya salah, jadi nanti ngabarinnya lewat apa yaa??

  29. mau bertanya. kan naskah antara 100-200 lembar (boleh lebih asal jangan berlebihan). untuk ukuran berlebihan itu sendiri sampai berapa?
    mohon bantuannya.

  30. Adinda Amelia Althafunnisa

    kalau seumpama novelnya tentang cinta seorang remaja dan persahabatan gimana ? Boleh gak ?

  31. maksudnya kirim via pos ya?

  32. Halo mas octa,
    hari jum’at minggu kemarin saya mengirim naskah kumpulan cerpen di alamat yang tertulis di atas via JNE. saya cek di tracking JNE, naskah tsb sudah sampai di tempat, kira2 saya nanti dpt konfirmasi dr gramedia tdk ya mengenai sampai tidaknya naskah saya?
    Trims.

  33. Mas kapanpun bisa ngirim kan ? trus pemberitahuan akan diterbitkan itu lewat mana ? :)

  34. kalo naskahnya dikirim lewat e-mail bisa g??

  35. Mas, kalo mau ngirim naskah novel, boleh nggak identitasnya pakai identitas samaran?

    Trims…

    • Jangan dong. Nanti kalau mau dapet royalty gimana Penerbit tahu kamu penulis aslinya atau bukan. Nama samaran dapat dipakai di buku, tetapi jangan kepada penerbit

  36. Kak mau nanya nih, aku mau coba kirim ke penerbit, tapi umurku masih 13 tahun, itu boleh apa gak? Kalo misalkan naskahnya diterima, itu ngasih tahu ke penulisnya lewat telpon? Oh iya, misalkan diterima, royalti nya dikirim ke mana? Lewat rekening ya? Tapi aku belum ada rekening.

  37. Kak, mau tanya. umurku masih 12, tapi kalau misalnya aku ngirim naskah jenis romance dan comedy boleh kan ? Nanti ngirim naskahnya itu lewat apa ? Trims.

  38. Mas,,saya ingin mengajukan diri sebagai Layouter freelance bisa gak,,terima kasih,,

  39. Mengirim lewat pos bisa? Tapi di jamin bakal di balas nggak?

  40. Kan margin yang standart saja. Terus bisa ngirim kewat pos? Dan di jamin akan dibalas tidak?

  41. naskah yang dikirim diprint depan-belakang atau satu halaman satu lembar??

  42. Saya reader baru, dan umur saya 13 tahun. Bisa gak kalau mengirim naskah fantasy gtu? Terus data dirinya menggunakan nama asli atau nama pena? Terimakasih

  43. Kak, mau tanya. Kalo ngirim naskahnya jenis fanfiction bisa?
    Genrenya sih umum, tentang kehidupan remaja dan ada sedikit unsur fantasy, tapi tokohnya menggunakan nama idola, itu gapapa?

  44. Dear, Mas Ocitamala

    Maaf mas, salam kenal Saya Joni Affandi
    Saya sudah mengirim naskah saya ke PT PUSTAKA UTAMA (GRAMEDIA)
    melalu JNE, dan naskah saya sudah di terima oleh Mas Sarif.

    Terima kasih, mas

    Salam,
    Joni Affandi

  45. Maaf mas berikut laporan JNE :
    No. No. AWB Services Destination Consignee Date Received Receiver Status
    1 2452921930009 YES JAKARTA PT GRAMEDIA PUSTAKA 15 Apr 2014 14:30 SARIF DELIVERED

    Terima kasih,

    Salam,

    Joni Affandi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s