Syarat dan Cara Kirim Ke Penerbit Gramedia Pustaka Utama


logo-GMKami selalu menerima naskah dari penulis untuk kami terbitkan, bila naskah tersebut kami nilai memenuhi standar penerbitan kami. Namun, maaf sekali, kami tidak bisa menerima naskah yang dikirimkan melalui e-mail, karena akan menyulitkan tim editor dalam melakukan penilaian naskah.

Buku-buku umum yang kami terbitkan adalah buku-buku yang mengandung nilai-nilai yang sejalan dengan mission statement kami,yaitu “Bersama komponen bangsa yang lain, ikut serta menciptakanIndonesia Baru dengan nilai-nilai humanisme transendental.” Karenaitu, buku yang kami terbitkan adalah yang mengembangkan nilai-nilaikemanusiaan yang beriman kepada Sang Pencipta dan Pemelihara, yaituTuhan Semesta Alam. Itu berarti bahwa kami akan menerbitkan bukuyang mendorong munculnya semangat pluralis, demokratis, inklusif,cerdas, berwawasan luas, profesional, berbudaya, humanis, danreligius. Sebaliknya, kami mengindari penerbitan naskah yangmendorong semangat fanatik sempit, picik, anti-refleksi dan anti-pembelajaran, pelecehan terhadap kemanusiaan.

Apabila Anda ingin menerbitkan naskah Anda, silakan kirimkan naskah tersebut ke alamat kami di

PT Gramedia Pustaka Utama
Gedung Kompas Gramedia Lantai 5
Jl. Palmerah Barat 29-37
Jakarta 10270

Cantumkan jenis naskah Anda di sudut kiri atas. Fiksi/Nonfiksi. Remaja/Dewasa. Dll. Untuk memudahkan proses seleksi/pengkategorian.

Naskah yang dikirimkan harus dalam bentuk print out, lengkap (tidak hanya cuplikan naskah).Sertakan pula sinopsis cerita.

Tebal naskah untuk novel 100-200 halaman. (Bisa lebih asal jangan berlebihan)

Untuk buku anak, lengkapi dengan contoh ilustrasi. Konsep cerita (terutama untuk buku berseri).

Jenis kertas yang digunakan bebas, asal mudah dan enak dibaca. Ukuran font 12pt, dan spasi 1,5. Tema naskah juga bebas, selama tidak menyinggung SARA dan vulgar.

Sertakan bersama naskah Anda, data diri singkat.

Naskah sebaiknya sudah dijilid, agar tidak tercecer selama dibaca oleh tim editor kami.

Setelah masuk ke meja redaksi, naskah akan dibaca oleh tim editor selama minimal 4-5 bulan. Naskah yang belum bisa kami terbitkan, akan kami kembalikan.

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi 53650110 ext. 3511/3512 (redaksi fiksi/nonfiksi).
Atau via e-mail: fiksi@gramediapublishers.com atau nonfiksi@gramediapublishers.com

NB.: Kami tidak memungut bayaran apapun kepada penulis yang ingin menerbitkan naskahnya.

997 responses to “Syarat dan Cara Kirim Ke Penerbit Gramedia Pustaka Utama

  1. mas mau nanyak…..bagaimna caranya mengirim novel kita ke PT…agar di terima…

    Suka

  2. Alexandrite Lee

    Numpang nanya kak, kalau cover itu kita bisa bikin sendiri ga? lalu, kalau mengirimkan 500 lembar itu boleh atau tidak?

    Suka

  3. Slmat malam mas octa… maaf agak panjang… sy mau tanya klo untuk mengirim naskah sebuah buku yang isinya tentang sebuah pengalaman dr perjalanan seorang jurnalis liputan khusus kira kira baiknya penerbit mana ya… isinya yaitu tentang realita yg terjadi dimasyarakat… dari mulai aparatur negara… kriminalitas… prostitusi dll… buku ini berisi pengetahuan dan jg kenyataan yg ada dikehidupan kita… terimakasih mohon infonya

    Suka

  4. Covernya buat sendiri atau dibuatin ?

    Suka

  5. Kak,saya berniat mengirimkan naskah saya tapi genrenya fanfiction
    Boleh tidak ?
    Apakah nanti akan ada konfirmasi jika naskah sya sudah tiba di redaksi?
    Mohon infonya ka

    Suka

  6. Dian Zahira Azeva

    Maaf kak, teman saya ada yang mau menerbitkan buku novel. Kalau sudah selesai, boleh tidak mengirimkan naskahnya lewat e-mail? Kalau tidak boleh, cara mengirimnya pake kotak pos ya? Terima kasih kak.

    Suka

  7. Muhamad Ali Misri

    Salam kenal.
    saya mau nanya nih, kalau tulisan berupa buku ajar boleh tidak? saya sudah menulis draft buku teori grup untuk mahasiswa matematika (tingkat perguruan tinggi), kalau bisa apa nama jenis naskah untuk buku ajar sehingga bisa saya tuliskan jenis naskahnya? terima kasih.

    Suka

  8. Kalau fanfiction kpop boleh?
    cerita yg terinspirasi dari idola, dan tokohnya pun nama asli idolah kita. Apa itu boleh?

    Suka

  9. kak saya mau tanya. klo bikin novel di ms. word . kertasnya itu ukuran yanv biasa atau ukuran novel.

    Suka

  10. Lhoh, kak.
    Tadi katanya naskah yang tidak bisa diterbitkan akan dikembalikan?

    Suka

  11. Hallo kak,, klo misalkan novel kita sudah terbit itu ada promosinya nggak?? Atau di promosiin sma gramedia?? Secara kan penulis pasti berharap bgt banyak yg beli kan??

    Suka

  12. kak, kan aku uda buat nih novelnya.uda sip dah semuanya..trus nanti covernya bagaimana..?? dari sna apa dari aku..????kalau dr aku..covernya di print juga apa tdk..terimahkasih kak:)

    Suka

  13. mau tanya kalau cover novelnya juga di print?

    Suka

  14. maaf ka saya mau coba bertanya mohon untuk dijawab ya apabila saya sudah membuat novelnya saya cukup mengeprint dan menjild tidak harus diedit kan?trimss, lalu apa saya bisa mengirim lewat pos trimakasih

    Suka

  15. Mau nanya, identitas penulis disertakan apa saja ya? terimakasih

    Suka

  16. mau nanya, identitas penulis isinya apa saja ya?

    Suka

  17. apakh gramedia mnerma novel yg berbeda dr novel lain?saya sdh menyelesaikan novel,tp sya tkut selera sya beda.berhubung novel sya ini berbeda dgn novel indonesia pd umumny…

    Suka

  18. Kak, boleh tidak mengirim naskah cerita, di mana cerita itu terinspirasi dari buku lain yang sudah terbit. Dengan mengambil sudut pandang salah satu tokoh sekunder. Namun jalan cerita dan settingnya berbeda. Nama tokohnya pun sengaja dibuat berbeda. Terima kasih. Mohon jawabannya.

    Suka

  19. Kak, bisa nggak kalau mengirim naskah yang pernah diterbitkan secara indie? Terima kasih.

    Suka

  20. spasi pake expanded apa condensed?

    Suka

  21. kak, spasinya 1,5 yang expanded atau condensed? terus klik spasinya berapa kali antar kata?

    Suka

  22. kak, ukuran spasi-nya kan 1,5 itu yang expanded atau condensed? terus buat jarak kalimat antar kata, cuma sekali klik tombol spasi atau double?

    makasih

    Suka

  23. kak, boleh kirim novelnya lewat email ? atau harus lewat pos ?

    Suka

  24. minimal untuk kumcer berapa halaman? terus untuk novel remaja (teenlit) apa boleh mengusung tema kekerasan dalam pacaran?

    Suka

  25. Kalo komik boleh gk

    Suka

  26. Permisi kak. Sinoposis nya ikut di jilit sama ceritanya atau pisah? Lalu, apabila jenis novelnya ber-seri bisa dikirim?

    Suka

  27. Hallo ka, saya mau bertanya jika genre distopia apa diperbolehkan?

    Suka

  28. Halo saya ingin bertanya, saya punya naskah tapi buka novel atau sejenisnya, naskah saya berupa non fiksi, tentang motivasi dan informasi tentang enterpreneur, namun naskah yang saya buat tidak hanya kata2 saja, namun disetiap halaman nya terdapat desain ilustrasi. apakah bisa dikirim kan ke PT. Gramedia. thx

    Suka

  29. Halo saya ingin bertanya, saya ingin mengirim naskah tapi bukan cerita novel atau semacam nya, naskah saya non fiksi, tentang motivasi dan berbagi ilmu tentang enterpreneur dan buku yang ingin saya bawakaan tidak hanya tulisan saja, namun destiap halaman nya ada ilustrasi nya. apakah boleh saya kirim juga? terimakasih:)

    Suka

  30. kak,kalau tulisan tangan gimana?asal rapi boleh gak kak?

    Suka

  31. kak,mau tanya ngirimnya boleh tulisan tangan gk?asal rapi gitu kak?

    Suka

  32. Kak.. Untuk penulisan data diri, ditulia terpisah Dari naskah yg dijilid, atau disatukan??

    Suka

  33. megaachmad@gmail.com

    kalau mengirim lwat via pos kode alamatnnya brapa

    Suka

  34. permisi mas saya mau tanya…itu 100-200 itu printanya?

    Suka

  35. Saya mau tanya. Tadi diatas dijelaskan kalau naskah untuk novel 100-200 hlaman dng catatan bisa lebih. Itu lebihnya kira-kira sampek berapa? Kalau sampai 300 bagaimana? Hehe..😁😁😁Soalnya novel miliknya ilana tan yang winter in tokyo itu kan sampai 320 halaman

    Suka

  36. Aidah Nabilah Anwar

    Maaf, apakah kumpulan cerpen bisa diterbitkan?

    Suka

  37. Halo mas octa,minta saran ya mas..kalo saya ingin menulis resep2 masakan/kue.sebaiknya ngirim ke Gramedia pusat ato gimana ya mas?terimakasih..

    Suka

  38. kak, aku punya naskah, kan min 100-200 hal. Naskah ku lebih, 240 hal. belum termasuk biodata, dll.

    Minta pendapatnya kak, apa masih termasuk syarat atau gak lagi? karena di katakan ‘boleh lebih asal jangan berlebihan’. Tapi yang di maksud di sini lebih sampai batas berapa? Mohon di balas kak.:)

    Suka

  39. Mau nanya lagi
    Alamat emailnya GM apa?
    Aku udah cobak ngirim pesen pakek alamat email yang diatas, tapi yahoo nya gak mau ngirim.
    Mohon bantuannya
    Makasih ^^

    Suka

Tinggalkan Balasan

