Syarat dan Cara Kirim Ke Penerbit Gramedia Pustaka Utama


logo-GMKami selalu menerima naskah dari penulis untuk kami terbitkan, bila naskah tersebut kami nilai memenuhi standar penerbitan kami. Namun, maaf sekali, kami tidak bisa menerima naskah yang dikirimkan melalui e-mail, karena akan menyulitkan tim editor dalam melakukan penilaian naskah.

Buku-buku umum yang kami terbitkan adalah buku-buku yang mengandung nilai-nilai yang sejalan dengan mission statement kami,yaitu “Bersama komponen bangsa yang lain, ikut serta menciptakanIndonesia Baru dengan nilai-nilai humanisme transendental.” Karenaitu, buku yang kami terbitkan adalah yang mengembangkan nilai-nilaikemanusiaan yang beriman kepada Sang Pencipta dan Pemelihara, yaituTuhan Semesta Alam. Itu berarti bahwa kami akan menerbitkan bukuyang mendorong munculnya semangat pluralis, demokratis, inklusif,cerdas, berwawasan luas, profesional, berbudaya, humanis, danreligius. Sebaliknya, kami mengindari penerbitan naskah yangmendorong semangat fanatik sempit, picik, anti-refleksi dan anti-pembelajaran, pelecehan terhadap kemanusiaan.

Apabila Anda ingin menerbitkan naskah Anda, silakan kirimkan naskah tersebut ke alamat kami di

PT Gramedia Pustaka Utama
Gedung Kompas Gramedia Lantai 5
Jl. Palmerah Barat 29-37
Jakarta 10270

Cantumkan jenis naskah Anda di sudut kiri atas. Fiksi/Nonfiksi. Remaja/Dewasa. Dll. Untuk memudahkan proses seleksi/pengkategorian.

Naskah yang dikirimkan harus dalam bentuk print out, lengkap (tidak hanya cuplikan naskah).Sertakan pula sinopsis cerita.

Tebal naskah untuk novel 100-200 halaman. (Bisa lebih asal jangan berlebihan)

Untuk buku anak, lengkapi dengan contoh ilustrasi. Konsep cerita (terutama untuk buku berseri).

Jenis kertas yang digunakan bebas, asal mudah dan enak dibaca. Ukuran font 12pt, dan spasi 1,5. Tema naskah juga bebas, selama tidak menyinggung SARA dan vulgar.

Sertakan bersama naskah Anda, data diri singkat.

Naskah sebaiknya sudah dijilid, agar tidak tercecer selama dibaca oleh tim editor kami.

Setelah masuk ke meja redaksi, naskah akan dibaca oleh tim editor selama minimal 4-5 bulan. Naskah yang belum bisa kami terbitkan, akan kami kembalikan.

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi 53650110 ext. 3511/3512 (redaksi fiksi/nonfiksi).
Atau via e-mail: fiksi@gramediapublishers.com atau nonfiksi@gramediapublishers.com

NB.: Kami tidak memungut bayaran apapun kepada penulis yang ingin menerbitkan naskahnya.

1.067 responses to “Syarat dan Cara Kirim Ke Penerbit Gramedia Pustaka Utama

  1. Terima kumpulan cerpen remaja yang dibukukan gak yah?

    Suka

  2. kak,apa boleh kirim naskah lewat pos?

    Suka

  3. Kang, Tolong Kasih Info Alamat Elexmedia. Terima Kasih

    Suka

  4. Kak, mau nanya lagi. Genre fantasi dan drama termasuk kriteria gak?

    Suka

  5. Kak … gimana ya, Kak? Ceritaku termasuk kriteria baik atau jelek?
    Gini, ceritanya tentang orang nakal, nakal, nakal, sangat nakal. Tapi dia punya kesadaran diri sebagai manusia. Itu gimana ya, Kak?

    Suka

  6. Kaka kalau membuat manga sendiri atau komik bisa di publish digramedia engga? Kalau bisa syaratnya apa ya, kalo gambarnya engga bagus bagus banget emang bisa diterima?

    Suka

  7. Apakah gramedia menerima naskah Refrensi

    Suka

  8. Saya ingin menerbitkan komik bisa?dan kalau cover nya dan kertasnya dari kertas hvs bisa tidak ya?apakah harus kertas khusus

    Suka

  9. saya baca di http://gramedia.tumblr.com/post/134956068353/ketentuan-pengiriman-naskah-gramedia-pustaka-utama, kirim lewat mail, tetapi di sini kirim lewat pos. Tolong infokan yang lebih utama yang mana. Terima kasih

    Suka

  10. assalamu alaikum
    perkenalkan
    Nama : Hadi Suhendra
    status : Mahasiswa pascasarjana Ilmu Lingkungan Unja

    untuk naskah buku ilmu pengetahuan bisa ngak
    apa saja yang harus di persiapkan

    salam

    Suka

  11. Kak mau tanya nih
    Saumpamanya cerita saya di terima sama pihak grameedia lalu melalui beberapa proses, pembuatan bukunya itu terserah saya atau pihak gramedia. maksudnya, saya hanya ingin 10 buku saja yang terbit, gitu bisa gak kak?

    Suka

  12. salam. sebelumnya terima kasih banyak atas iinformasi bermanfaat ini.
    kak, saya ingin bertanya yang pertama, apakah pihak editor memberi kuota pada penerimaan naskah, kak?
    kedua, apabila buku sudah diterbitkan akan tetapi pada akhirnya kurang laku di pasar. jadi, buku-buku tersebut bagaimana? apakah yang mengganti rugi pihak penerbit atau bahkan penulis?
    saya berharap kak octa meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan saya. terima kasih banyak.🙂

    Suka

  13. Salam. Mau nanya, kalau misalnya saya kirim 1 judul novel atau naskah yang sama ke 2 penerbit yang berbeda, jika nanti diterima secara bersamaan, Nah itu gimana? Bisa gak kayak gitu?

    Suka

  14. selamat siang…mas saya mau tanya kalau mengirim buku cerita anak anak atau buku mewarnai anak-anak,boleh ngak?

    Suka

  15. Kak! Saya mau bertanya. Tebal naskahnya cuma 48 lembar kertas ukuran A4 Boleh atau tidak?

    Suka

  16. Kak! Saya mau bertanya. Tebal naskahnya cuma 48 lembar kertah ukuran A4?

    Suka

  17. Selamat sore kak! saya mau numpang nanya dong. itu naskah, sinopsis cerita, sama data diri itu digabung filenya atau dipisah ya? terus kalo misalnya saya mau bikin kumpulan cerpen, min n max jumlah halaman tetep 100-200 atau gimana ya? kalo misalnya temanya itu masalah yang ada di Indo (kyk tingkt kemiskinan, korupsi, pengangguran, dll) itu masuknya fiksi atau nonfiksi ya?

    Makasih kak

    Suka

  18. Boleh tebalnya itu kurang dari ketentuan.?

    Suka

  19. Gmn krm naskah dari medan ke jakarta tanpa hrs dth ke Jakarta?

    Suka

  20. Kalok novel kehidupan di terima ngk kiria”
    Ending, pertama menjadi anak yang baik, namun terkekang. Setelah beranjak dewasa, tepatnya di masa SMA, orang tua memberikan sedikit kebebasan, namun karena sedikit kebebasan tersebut dia menjadi berandal, mulai mengenal Duni luar dan dunia cinta, hingga pada suatu saat sekolahnya pun hampir musnah, namun karena dorongan seorang abng dan seorang kekasih membuat iya sadar arti kehidupan.

    Suka

  21. Kak, saya ingin brtanya lagi. Kira2 pnilaian apa saja yg dilakukan oleh editor? Dan saya kan brumur 13 thn, saya mngirim fiksi remaha, bahasanya baku dan banyak narasi. Bolehkah itu?

    Suka

  22. Assalamu’alaikum, saya syafa ingin brtanya ttg penerbitan buku digramedia. Kira kira, jika tema cerita itu ttg sbuah 1 ksmptan seorang anak prmpuan yg awalnya sngt baik,muslimah dan pnyabar walau dilanda banyak cobaan. Tpi suatu hari, disaat benar2 sudah klimaks, ia brubah mnjadi sosok yg jahat, tpi endingnya ia ingin mminta 1 ksmpatan untuk brubah. apa crita sperti itu bsa ditrima? Ditunggu balasannya

    Suka

  23. Kak mau tanya 1 lagi.
    Tentang ISBN itu bagaimana?
    Mohon infonya.
    Terimakasih

    Suka

  24. Kak mau tanya , saya punya karya novel terapi tentang pesikopat dan menyinggung pemerkosaan, pembantaian dan menyebutkan alat kelamin yang di iris, apakah boleh? Mohon infonya.

    Terimakasih

    Suka

  25. klo skitar 400 hlmn d terima gk? itu kan lbih dri 200 hlmn
    trus klo krim lwat e-mail boleh ap gk?

    Suka

  26. Kak, mau tanya. Aku punya naskah genrenya romance-drama, tapi aku masih SMP, apa kira-kira akan diterima?

    Suka

  27. Kak kalau saya menulis ceritanya dibuku tulis, terus langsung kirim ke kantor pos dengan lersyaratan yang terpenuhi boleh tidak?Thanks😊

    Suka

  28. mau nanya, kalau novel genrenya school, fantasy, psyco, romance, friendship, action dan Mystery, boleh di kirimkan ke gramedia?, dan kalau masalah honornya gimana yah?, makasih

    Suka

  29. Permisi ka octa, saya berencana untuk mengirim tulisan saya ke gramedia tetapi saya ragu karena novel saya ini berbahasa inggris, boleh tidak ya bahasanya pake bahasa inggris atau harus saya translate dulu ke bahasa indonesia? Terimakasih ka

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s