Syarat dan Cara Kirim Ke Penerbit Gramedia Pustaka Utama


logo-GMKami selalu menerima naskah dari penulis untuk kami terbitkan, bila naskah tersebut kami nilai memenuhi standar penerbitan kami. Namun, maaf sekali, kami tidak bisa menerima naskah yang dikirimkan melalui e-mail, karena akan menyulitkan tim editor dalam melakukan penilaian naskah.

Buku-buku umum yang kami terbitkan adalah buku-buku yang mengandung nilai-nilai yang sejalan dengan mission statement kami,yaitu “Bersama komponen bangsa yang lain, ikut serta menciptakanIndonesia Baru dengan nilai-nilai humanisme transendental.” Karenaitu, buku yang kami terbitkan adalah yang mengembangkan nilai-nilaikemanusiaan yang beriman kepada Sang Pencipta dan Pemelihara, yaituTuhan Semesta Alam. Itu berarti bahwa kami akan menerbitkan bukuyang mendorong munculnya semangat pluralis, demokratis, inklusif,cerdas, berwawasan luas, profesional, berbudaya, humanis, danreligius. Sebaliknya, kami mengindari penerbitan naskah yangmendorong semangat fanatik sempit, picik, anti-refleksi dan anti-pembelajaran, pelecehan terhadap kemanusiaan.

Apabila Anda ingin menerbitkan naskah Anda, silakan kirimkan naskah tersebut ke alamat kami di

PT Gramedia Pustaka Utama
Gedung Kompas Gramedia Lantai 5
Jl. Palmerah Barat 29-37
Jakarta 10270

Cantumkan jenis naskah Anda di sudut kiri atas. Fiksi/Nonfiksi. Remaja/Dewasa. Dll. Untuk memudahkan proses seleksi/pengkategorian.

Naskah yang dikirimkan harus dalam bentuk print out, lengkap (tidak hanya cuplikan naskah).Sertakan pula sinopsis cerita.

Tebal naskah untuk novel 100-200 halaman. (Bisa lebih asal jangan berlebihan)

Untuk buku anak, lengkapi dengan contoh ilustrasi. Konsep cerita (terutama untuk buku berseri).

Jenis kertas yang digunakan bebas, asal mudah dan enak dibaca. Ukuran font 12pt, dan spasi 1,5. Tema naskah juga bebas, selama tidak menyinggung SARA dan vulgar.

Sertakan bersama naskah Anda, data diri singkat.

Naskah sebaiknya sudah dijilid, agar tidak tercecer selama dibaca oleh tim editor kami.

Setelah masuk ke meja redaksi, naskah akan dibaca oleh tim editor selama minimal 4-5 bulan. Naskah yang belum bisa kami terbitkan, akan kami kembalikan.

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi 53650110 ext. 3511/3512 (redaksi fiksi/nonfiksi).
Atau via e-mail: fiksi@gramediapublishers.com atau nonfiksi@gramediapublishers.com

NB.: Kami tidak memungut bayaran apapun kepada penulis yang ingin menerbitkan naskahnya.

881 responses to “Syarat dan Cara Kirim Ke Penerbit Gramedia Pustaka Utama

  1. slmat pagi mas….rencana mau krim naskah nii…tpi masi ragu2….

    Suka

  2. kalau kirim komik kesini bisa gak ya? kalau bisa apa syaratnya,terus ngirimnya pakek apa?

    Suka

  3. kalau kirim komik kesini kira2 bisa gak ya?

    Suka

  4. Mksh kk atas infonya..
    Saya mau nanya lagi ,apakah stiap novelis sebelumnya harus berpengalaman dahulu dalam menulis cerpen dan d terima di public? Apakah benar, bila ingin jadi penulis, sebelumnya harus mengirimkan cerpen dhulu? Soalnya bnyk biodata penulis yg mengatakan bahwa sebelum jadi novelis, ia telah mengirimkan banyak cerpen…
    Lalu, saat ini saya msh duduk di tingkat SMP yg harusnya msh remaja, tpi saya membuat cerita tentang kehidupan anak SMA (peran utama berada di tingkat SMA) , apakah blh?

    Tlng di jawab smua pertanyaan saya y, ka….
    Saya menggantung harapan penuh pada kk karna saya bersungguh” untuk jadi penulis agar saya dapat secepat mungkin membanggakan hati kedua org tua ku. .. Agar org tua ku dapat merasakan kebahagiaan sesungguhnya..

    Mksh kk tlng d jawab y…

    Suka

  5. Saya mau kirim buku tentang edukasi anak, buku disertai dengan aplikasi yang menggunakan smartphone atau tablet. bagaimana cara mendemokan ke penerbit? karena aplikasi tersebut perlu di tunjukkan cara kerjanya. Mohon informasinya. Terimakasih.

    Suka

  6. Kak , saya mau nanya… Itu setiap novel kn memiliki gambar cover novel di bagian sampulannya… Itu bagaimana caranya ya? Apakah kita design sendiri cover nya ? Tapi bagaimana cara design nya ya, kak? Tlng di jelaskan secara detail.. Makasih kk!

    Suka

    • Penerbit akan membuatkan sampul

      Suka

      • Mau tanya kalo saya sudah tulis novel dikirim kemana dan apa perlu biaya untuk penerbitannya?

        Suka

      • Tidak perlu biaya kirim saja di salah satu daftar penerbit

        Suka

      • Kirim lewat email?emailnya apa ya??

        Suka

      • Mksh kk atas infonya..
        Saya mau nanya lagi ,apakah stiap novelis sebelumnya harus berpengalaman dahulu dalam menulis cerpen dan d terima di public? Apakah benar, bila ingin jadi penulis, sebelumnya harus mengirimkan cerpen dhulu? Soalnya bnyk biodata penulis yg mengatakan bahwa sebelum jadi novelis, ia telah mengirimkan banyak cerpen…
        Lalu, saat ini saya msh duduk di tingkat SMP yg harusnya msh remaja, tpi saya membuat cerita tentang kehidupan anak SMA (peran utama berada di tingkat SMA) , apakah blh?

        Tlng di jawab smua pertanyaan saya y, ka….
        Saya menggantung harapan penuh pada kk karna saya bersungguh” untuk jadi penulis agar saya dapat secepat mungkin membanggakan hati kedua org tua ku. .. Agar org tua ku dapat merasakan kebahagiaan sesungguhnya..

        Mksh kk tlng d jawab y…

        Suka

  7. Salam, terima kasih atas infonya, sangat membantu :)

    Suka

  8. petrus canisius sukresna

    mlm kak .. mau tanya .. saya punya karya tulis berupa prosa .. apakah masuk jika di kirimkan ke gramedia

    Suka

  9. Klo untuk mengirimkan naskah di bidang Komputer bisa ga ya..

    Suka

  10. ka mau tanya. selain gramedia menerbitka novel. apakah cerpen bisa diterbitkan? dalam isi cerpennya digabungkan beberapa cerpen yang bersambung. mohon jawabannya terimakasih :)

    Suka

  11. kak kira kira banyak ngak orang yang ngirim novel bergenre romance tapi ditolak?

    Suka

  12. Permisi kak. Mau nanya apakah gramedia menerima naskah novel bergenre fantasy romance ?

    Suka

  13. kak kalau mau ngirim minimal berapa lembar ya? tentang persahabatan gak apa apa kan?

    Suka

  14. kak mau tanya kalau desain sampulnya ikut di sertakan atau tidak? makasih

    Suka

  15. Kak ocitamala.. Sya mau nanya nih.. Mksd dari 2x lipat itu apa ? Misalkan saya punya novel A4 100 halaman, apa ketika dibukukan menjadi 200 halaman ?

    Dan ukuran untuk font nya sebesar apa ? Apa boleh memakai model font seperti curzl MT pada setiap paragraf awal cerita ?

    Suka

    • pakai standar saja. Font Times New Roman, 12. Angka 2x itu cuma perkiraan kasar. Untuk mengetahui secara pasti, ubah format naskah seperti ukuran novel. Misal 13 x 19cm atau 11x17cm

      Suka

  16. Apakah boleh Naskah yang sudah dikirim diralat dengan mengirim naskah lagi, karena ada beberapa EYD yang salah. Naskah yang sudah saya kirim sekitar pertengahan Juni 2015. Mohon penjelasan. Judul naskah yang sudah saya kirim adalah Layang-layang di Telan Badai.

    Suka

  17. boleh tau kalau naskah itu minimal berapa kata? kalau 40000 kata itu berapa lembar kira2 ya?

    Suka

  18. kak mau tanya, kalau kita sudah mengirim naskah kita, dan masih belum diterima, apakah akan dihubungi oleh pihak Gramedia. ini agar kita tidak menunggu-nunggu dan bisa mengirimkan lagi naskah kita berikutnya, terimakasih

    Suka

  19. Permisi mas mau tanya kalo saya mau bikin buku resep masakan dan butuh food stylish utk pemotretan apakah bisa dibantu ya mas?

    Suka

  20. Saya mau tanay nih kak. Kalo buat cerpen tentang romance itu boleh gak yah . Terus setiap buku ,imi,al cerpennya berapa halaman?
    Nah kalo bagi yang tinggal dikota palembang ngirim naskanya ada gak yang didaerah palembang aja? Atau cuma ada dijakarta aja yah? Terus persyaratan naskanya apa aja kak. Kalo nanti tdk diterima pihak admin akan ngabarin gak yah? Tolong kak jelasin biar saya bisa buat naskanya terus kirim ketempat yang bener. Trims sebelumnya

    Suka

  21. Salam Gramedia. Bagaimana syarat mengajukan buku terjemahan? Apakah si penterjemah yang mengurus izin kepada penerbit dan penulis asli?

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s