Syarat dan Cara Kirim Ke Penerbit Gramedia Pustaka Utama


logo-GMKami selalu menerima naskah dari penulis untuk kami terbitkan, bila naskah tersebut kami nilai memenuhi standar penerbitan kami. Namun, maaf sekali, kami tidak bisa menerima naskah yang dikirimkan melalui e-mail, karena akan menyulitkan tim editor dalam melakukan penilaian naskah.

Buku-buku umum yang kami terbitkan adalah buku-buku yang mengandung nilai-nilai yang sejalan dengan mission statement kami,yaitu “Bersama komponen bangsa yang lain, ikut serta menciptakanIndonesia Baru dengan nilai-nilai humanisme transendental.” Karenaitu, buku yang kami terbitkan adalah yang mengembangkan nilai-nilaikemanusiaan yang beriman kepada Sang Pencipta dan Pemelihara, yaituTuhan Semesta Alam. Itu berarti bahwa kami akan menerbitkan bukuyang mendorong munculnya semangat pluralis, demokratis, inklusif,cerdas, berwawasan luas, profesional, berbudaya, humanis, danreligius. Sebaliknya, kami mengindari penerbitan naskah yangmendorong semangat fanatik sempit, picik, anti-refleksi dan anti-pembelajaran, pelecehan terhadap kemanusiaan.

Apabila Anda ingin menerbitkan naskah Anda, silakan kirimkan naskah tersebut ke alamat kami di

PT Gramedia Pustaka Utama
Gedung Kompas Gramedia Lantai 5
Jl. Palmerah Barat 29-37
Jakarta 10270

Cantumkan jenis naskah Anda di sudut kiri atas. Fiksi/Nonfiksi. Remaja/Dewasa. Dll. Untuk memudahkan proses seleksi/pengkategorian.

Naskah yang dikirimkan harus dalam bentuk print out, lengkap (tidak hanya cuplikan naskah).Sertakan pula sinopsis cerita.

Tebal naskah untuk novel 100-200 halaman. (Bisa lebih asal jangan berlebihan)

Untuk buku anak, lengkapi dengan contoh ilustrasi. Konsep cerita (terutama untuk buku berseri).

Jenis kertas yang digunakan bebas, asal mudah dan enak dibaca. Ukuran font 12pt, dan spasi 1,5. Tema naskah juga bebas, selama tidak menyinggung SARA dan vulgar.

Sertakan bersama naskah Anda, data diri singkat.

Naskah sebaiknya sudah dijilid, agar tidak tercecer selama dibaca oleh tim editor kami.

Setelah masuk ke meja redaksi, naskah akan dibaca oleh tim editor selama minimal 4-5 bulan. Naskah yang belum bisa kami terbitkan, akan kami kembalikan.

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi 53650110 ext. 3511/3512 (redaksi fiksi/nonfiksi).
Atau via e-mail: fiksi@gramediapublishers.com atau nonfiksi@gramediapublishers.com

NB.: Kami tidak memungut bayaran apapun kepada penulis yang ingin menerbitkan naskahnya.

About these ads

499 responses to “Syarat dan Cara Kirim Ke Penerbit Gramedia Pustaka Utama

  1. ubaydillah shihab: memang benar. namun saya amati selalu ada nama penulis terkenal. Tidak ada salahnya juga kalau dicoba, siapa tahu nasib lagi mujur

  2. Permisi Pak, saya mau tanya. Apakah untuk setiap naskah yang dikirim lewat pos ke Gramedia Pustaka Utama, pasti akan dibalas dengan konfirmasi bahwa naskah sudah diterima di meja redaksi? Biasanya konfirmasi seperti ini disampaikan lewat media apa ya (email, surat, telepon)? Terima kasih banyak sebelumnya.

    • Saya sering mengirim melalui jasa pengiriman yang bisa dilacak, misal TIKI. Ketika hasil pelacakan memastikan naskah sudah sampai, saya selalu menelepon penerbit untuk mengkonfirmasikan kalau saya sudah mengirimkan naskah. Tindakan ini membuat mereka menjadi perhatian sama naskah kita. Kita harus maklum kalau mereka kadang lupa, naskah yang masuk ke penerbit bisa ratusan tiap hari, sehingga kita sendiri yang harus aktif menanyakan

  3. Kalau mau mengirim naskah mengenai teenlit alamagnya dmna ya kak?

  4. Oh. Thanks kak. Ohya jasa pengiriman yg sebaiknya dipakai apa kak? Tiki/jne/pos kak?

  5. Remaja horor bisa kan? atau ada lini penerbit khususnya?

  6. Saya kan rumahnya di luar pulau jawa, dan ke Jakarta itu hampir tidak mungkin ke jakarta. Tapi, saya punya sebuah cerita yang sudah lama saya ingin publikasikan. jadi bagaimana caranya ya ?

  7. beberapa penerbit memperbolehkan pengiriman lewat email

  8. punya aku kok lama banget ya.
    masa udah sampai 10 bulan diGramedia

  9. apa harus bahasa indonesia? saya berniat mengirim karya tulis berbahasa inggris,

  10. Itu jenis font.nya apa? Calibri atau Times New Roman?

  11. Kak kalau boleh tahu linknya lini gramedia di amore apa yah?

    • Sama seperti alamat diatas koq. Mungkin lebih baik ditambahkan: Redaksi Fiksi, jadi seperti ini:

      Redaksi Fiksi PT Gramedia Pustaka Utama
      Jln. Palmerah Barat 29-37 Lt. 5, Jakarta 10270
      Telp. (021) 53650110 ext. 3511, 3512

  12. makasih kak.

  13. gimana kabar naskah saya, ya? sudah lima bulan tidak ada kabarnya?

  14. saya sudah telpn ke redaksi tapi tidak tersambung. bisa dilihat gak, judul naskahnya ‘aku ingin hatimu’ dikirim lewat TIKI rembang, tgl 8 maret 2013 kemarin. mungkin ada kesalahan pencantuman remaja/ dewasa-nya.

  15. maaf mau tanya…. kalo kirim lewat jasa kurir.. spesifikasi UP-nya ke siapa yaa

    Terima Kasih

  16. maaf mau tanya..
    apabila hanya sebuah puisi itu bisa gk??
    apa hrs novel??

  17. kalo ngiirm lewat e mail gmna?

  18. saya ingin bertanya, kalau sinopsisnya harus berapa halaman? trus kalau surat pengantarnya harus diketik atau ditulis tangan???

  19. maaf mau tanya. kalau naskah untuk buku dengan kategori fashion misalnya tutorial berhijab apa akah format naskahnya sama seperti naskah karya fiksi? terima kasih

  20. mas mau nanya, klo ngirim nya naskah nya satu halaman itu dua kolom (kayak buku novel) atau satu kolom biasa aja?
    trus tanda petik dua dan spasi enter nya langsung ditulis kayak novel* yg udah jadi buku ya?

  21. permisi pak,.
    Mau bertanya,..
    Kalau satu novel terdiri dari 5 kisah/5 cerita,.bisa tidak..?

    Terimakasih sebelumnya…

  22. Pak, kalo naskah kumpulan cerpen bisa nggak. Trima kasih

  23. terimakasih pak jawabannya,..

  24. Klo novel udah di terbitin, kita dapet jatah novelnya ngga?

    numpang nanya

  25. Nama saya Ory Sefta Putra seorang mahasiswa di UNIVERSITAS ISLAM RIAU.
    saya punya naskah yang berjudul HAREL (cerita mencapai kesuksesan dan mendapatkan cinta keindahan hati)
    sampai saat ini saya tidak tahu mau di apakan naskah saya ini.
    saya baru pemula dalam menulis,sehingga membuat saya tidak percaya diri untuk mengirimkan ke penerbit.
    saya sadari dalam naskah saya terdapat tanda baca yang tidak sesuai,yang itu semua disebabkan karena saya benar-benar tidak tahu teori dalam penulisan sebuah naskah.
    dalam naskah,saya tuliskan semua yang saya rasa baik itu cerita pribadi dan imajinasi yang terlintas dibenak saya sehingga tampa saya sadari 1 bulan 20 hari menulis saya bisa menyelasaikan naskah ini yang banyak slide 105 halaman.
    jika abang-abang atau kakak bisa bantu saya dalam menerbitkan naskah ini,dengan rendah hati saya sangat berterimakasih.
    082387754137
    oyie14.blogspot.com

  26. siapasaja tidakboleh

    pak klo novel kita ilustrasi gambarnya banyak di bolhkn tidak pa?

  27. Kak bagaimana kalo menulis agama untuk anak tk, dengan penjelasan yang pendek, yang harus ada ilustrasi, tapi saya tidak bisa gambarnya?
    Apa penerbit nanti yang menggambarnya kak?

  28. Maaf aq baru gabung….
    kalau kumpulan puisi dan atau kumpulan cerpen apa syaratnya sama dengan novel? jmlh halamam….misalnya??

  29. kalau cerita-a tentang kehidupan seseorang bisa gagh..???

  30. Boleh apa nggak mengirim satu naskah ke beberapa penerbit sekaligus secara bersamaan

  31. Ka kalo novel gambar sampul dpan nya bkin sndri atwd bknin cma gramed?

  32. maaf mau tanya, apakah cerita nya boleh beraneka macam ?

  33. ka.. mau tanya… aku kan udah kirim naskah ke gramedia dan dapet balasan surat bahwa naskah aku akan dipertimbangkan terlebih dahulu.. tapi tetap harus menunggu 3 bulan
    apakah memang sedang dipertimbangkan atau memang semua naskah yang masuk dikirimi surat seperti itu??
    makasih

    • Penerbit besar memang seperti itu. Surat itu seperti tanda terima naskah. Di penerbit lain malah tidak ada surat pemberitahuan, sehingga cuma harap-harap cemas. Temanku bahkan ada yang sampai setahun baru Acc

  34. permisi, kira2 bahasa yg digunakan hrs formal dgn tanda baca yg baik? terimakasih

  35. saya ingin mengirim teks tapi keberadaan saya lg di pondok and then saya kurang faham bagaimana cara untuk mengirimnya

  36. nsya allah akan saya coba.
    teman saya ada yang inin mengirimkan sebuah komik..apa itu bisa???

  37. kalo naskah yang kita kirim itu gaya bahasanya ngga baku boleh ngga????????
    kalo naskah nya itu gaya bahasanya ngga kaya novel”” lain gmn????????misalnya “perkataannya sperti guntur yg menggelegar di hati”

    • Kalau untuk remaja, memang kebanyakan memakai bahasa remaja, terutama pada dialog. Sedangkan pada narasi usahakan jangan terlalu banyak. Pemakaian gaya bahasa diperbolehkan kok seperti yang Kak Awalia tulis tadi

  38. kalau misal kita hanya menulis beberapa halaman dan setelah itu di kirim hanya untuk mencoba apakan punya kita akan di terima atau tidak.
    apakan itu bisa atau tidak?

  39. ketentuan margin ada tidak?

  40. Maaf mau tanya, saya punya novel yang sudah jadi dan tinggal di print saja. Saya sangat berminat mengirimkannya ke PT Gramedia Pustaka Utama. Namun permasalahannya adalah saya tinggal di Medan, misalkan novel saya nantinya akan diterbitkan, bisa tidak ya kalau saya tidak harus ke Jakarta? Karena mungkin untuk saya ke Jakarta agak sulit. Mohon dijawab. Terima kasih.

  41. Mau tanya kalau cerpen berapa halaman minimal ?

  42. maaf,
    kalo dinaskah nya terdapat bahasa asing (inggris dan korea) gimana tuh?? bisa nggak??

  43. Mohon maaf, saya mau tanya, jika naskah dikirim oleh penulis yang baru saja ingin menerbitkan novel pertamanya, boleh atau tidak ya?

  44. saya mau bertanya Berapakah honor yang penulis dapatkan jika naskah diterima dan diterbitkan?

    • Ada dua jenis pembayaran: Beli Putus dan sistem royalti. Nilai honor beli putus tergantung negosiasi. Kalau royalti biasanya sekitar 10% dari pendapatan kotor (bruto). Pembayarannya biasanya setiap 6 bulan sekali.

      Sebagai contoh:
      Misal buku anda dicetak sebanyak 100 eks. Harga produksi misalnya, Rp 10.000. Maka harga jualnya Rp 10.000 + 20% promosi + 40% keuntungan

      Sehingga:
      Harga jual = Rp 10.000 + Rp 2000 + Rp 4000
      = Rp 16.000
      Anggap saja 200 eks. laku semua berarti bruto:
      200 x 16.000 = 3.200.000
      Royalti anda 10% x 3.200.000 = Rp. 320.000

  45. saya mau bertanya Berapakah honor yang penulis dapatkan jika naskah diterima dan diterbitkan? dan bagamana kita mendapatkan info bahwa tulisan kita diterbitkan?

  46. Kalau novelnya berseri seri boleh tidak?

  47. Sudah 3th ini saya menyusun novel gay dengan backgroud religi. Menghindari unsur maksiat dan tabu. Karena Niat saya adalah untuk meluruskan paradigma negatif masyarakat akan gay, Sekaligus untuk menyentuh hati para gay untuk meminimalisir kriminal&kemaksiatan. Tebal novel 440 (season 1) dan season 2 sdg dalam pengerjaan. Saya ingin gramedia yang menerbitkan tulisan saya. Apa saya bisa datang langsung ke granedia.

  48. Jika Naskah saya sudah dimuat dan sudah terjual apa saya akan mendapat uang ?

    • Ada dua jenis pembayaran: Beli Putus dan sistem royalti. Nilai honor beli putus tergantung negosiasi. Kalau royalti biasanya sekitar 10% dari pendapatan kotor (bruto). Pembayarannya biasanya setiap 6 bulan sekali.

      Sebagai contoh:
      Misal buku anda dicetak sebanyak 100 eks. Harga produksi misalnya, Rp 10.000. Maka harga jualnya Rp 10.000 + 20% promosi + 40% keuntungan

      Sehingga:
      Harga jual = Rp 10.000 + Rp 2000 + Rp 4000
      = Rp 16.000
      Anggap saja 200 eks. laku semua berarti bruto:
      200 x 16.000 = 3.200.000
      Royalti anda 10% x 3.200.000 = Rp. 320.000

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s