Subgenre Fiksi


Setelah saya mengulas masalah genre pada tulisan saya sebelumnya. Maka pada artikel saya akan memberikan daftar sub genre pada masing-masing genre. Saya sengaja memisahkan antara genre dan subgenre, karena banyaknya subgenre.

  1. Genre Roman

    genre roman

    Genre Roman

    Subgenre:

      • Roman Kontenporer
        Cerita roman ini biasanya terjadi saat ini atau saat Perang Dunia. Dapat (dan sering) mengandung unsur drama ketegangan, humor – atau campuran keduanya.
      • Roman Fantasi
        Berlangsung di dunia lain dan mengandung unsur yang sihir. Kadang-kadang dapat menggabungkan makhluk mistis, seperti peri atau naga, atau makhluk yang mengerikan, seperti vampir dan manusia serigala. Beberapa penulis mencampur beberapa mitologi dalam satu cerita. Misal, terjadinya kota Surabaya ditambahi cerita legenda Gunung Tangkuban Perahu.
      • Roman Futuristik
        Cerita roman yang terjadi jauh di masa depan dan mengandung unsur sains fiksi atau beberapa unsur fantastis.
      • Roman Histori
        Berlangsung di masa lalu, jaman-jaman abad pertengahan, jaman kerajaan-kerajaan. Biasanya terjadi sebelum Perang Dunia II. Sub-genre ini termasuk yang jarang dibuat oleh penulis.
      • Roman Paranormal
        Asmara dicampur dengan ketegangan dunia paranormal. Begitulah keasyikan sub-genre ini. Beberapa judul novel dari Abdullah Harahap ada yang seperti ini. Karakter-karakter yang biasanya ada antara lain: vampir, werewolf, hantu. Novel Twilight Saga, karya Stephenie Meyer adalah salah satu contoh genre ini.
      • Roman Suspen (tegang)
        Sub-genre ini mirip dengan cerita kriminal, tetapi ada unsur asmara di dalamnya. Faktor-faktor seperti pembunuhan, intrik antara beberapa tokoh (misal: masalah harta, selingkuh dengan pembunuhan) adalah hal yang biasa pada jenis ini. Di beberapa judul novel Agatha Christie ada juga yang termasuk jenis ini.
      • Roman Time-Travel
        Sesuai dengan namanya, sudah pasti ada unsur perjalanan waktu-nya dan unsur asmara. Biasanya tentang pasangan yang berbeda waktu hidup. Satunya di masa sekarang, sementara yang lain di masa lampau atau masa depan.
  2. Genre Fiksi Sains

    ScienceFiction

    Genre Fiksi Sains

    Subgenre:

      • Invasi makhluk luar angkasa
        Cerita berkisar pada masyarakat dengan tingkat kecerdasan lebih tinggi menyerang Bumi dengan maksud untuk menggantikan kehidupan manusia, atau untuk memperbudak di bawah sistem kolonial, atau dalam beberapa kasus, menggunakan manusia sebagai makanan.
      • Sejarah alternatif
        Biasa disebut fiksi ilmiah, bercerita tentang sebuah dunia yang sejarahnya telah menyimpang dari sejarah seperti yang umumnya dikenal, lebih sederhananya, sejarah alternatif mengajukan pertanyaan, “Bagaimana jika sejarah telah berkembang secara berbeda?” Kebanyakan karya dalam genre ini diatur dalam konteks sejarah yang sebenarnya, namun fitur keadaan sosial, geopolitik atau industri yang dikembangkan berbeda atau pada kecepatan yang berbeda dari kita sendiri.
      • Dunia alternatif (dunia paralel)
        Semesta paralel atau realitas alternatif dalam fiksi ilmiah dan fantasi adalah dunia mandiri yang terpisah dan hidup berdampingan dengan dunia kita sendiri. Bisa dalam bentuk wilayah geografis kecil atau alam semesta yang benar-benar baru seluruhnya, atau alam semesta dengan beberapa kembaran di dalamnya.
      • Apokaliptik
        Fiksi ilmiah Apokaliptik adalah genre sub-fiksi ilmiah yang berkaitan dengan akhir dari peradaban, melalui perang nuklir, wabah, atau bencana umum lainnya. Pasca-apokaliptik fiksi ilmiah diatur dalam dunia atau peradaban setelah bencana tersebut. Masalah yang disorot biasanya pada waktu segera setelah bencana, fokus pada kerja keras atau psikologi korban.
      • Kecerdasan Buatan
        Kecerdasan buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang berhubungan dengan perilaku cerdas, pembelajaran dan adaptasi di mesin. Penelitian di AI berkaitan dengan mesin produksi untuk mengotomatisasi tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas (tanpa bantuan manusia). Contohnya termasuk kontrol, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab pertanyaan diagnostik dan konsumen, tulisan tangan, ucapan, dan pengenalan wajah. Singkatnya adalah suatu disiplin rekayasa, difokuskan pada penyediaan solusi untuk masalah kehidupan nyata. Sistem AI yang sekarang digunakan secara rutin di bidang ekonomi, kedokteran, teknik dan militer, serta sedang dibangun ke banyak aplikasi umum rumah perangkat lunak komputer, permainan strategi tradisional seperti catur komputer dan video game lainnya.
      • Kolonisasi
        Kolonisasi adalah tindakan suatu bentuk kehidupan yang pindah ke daerah yang jauh di tempat dimana jenis mereka jarang atau belum ada sama sekali dan mendirikan permukiman baru di daerah tersebut. Pelaku kolonisasi bisa serangga dan manusia atau bentuk kehidupan lain. Kolonisasi serangga bervariasi dari spesies ke spesies meskipun paling sering melibatkan Ratu berangkat dari koloni induknya dan membangun koloni sendiri di lokasi yang cocok.
      • Punk Sibernetika (Cyberpunk)
        Cyberpunk adalah genre sub-fiksi ilmiah, terkenal karena fokusnya pada “teknologi tinggi dan masyarakat kelas rendah”. Berhubungan dengan fitur teknologi canggih seperti komputer atau teknologi informasi yang digabungkan dengan beberapa derajat kerusakan pada tatanan sosial.
      • Bumi Sekarat (Dying Earth)
        Mengambil latar cerita di akhir jaman. Saat matahari akan berhenti bersinar dan hukum alam tidak berlaku lagi. Saat teknologi dan sihir jadi campur aduk dan timbul harapan pembaharuan dari situasi yang ada.
      • Distopia (lawan dari Utopia)
        Berkisar pada keadaan bumi saat berada dalam keadaan mimpi buruk dan kacau balau.
      • Kontak Pertama (first contact)
        Bercerita mengenai manusia yang berjumpa pertama kali dengan bentuk kehidupan di luar bumi. Anda tentu masih ingat cerita E.T. The Extra-Terrestrial.
      • Kerajaan Galaksi (Galaxy Empire)
        Banyak cerita fiksi ilmiah melibatkan kerajaan di galaksi. Masih ingat cerita Flash Gordon dengan Kaisar Ming atau cerita Star Wars? Biasanya latar ceritanya berpusat pada sebuah kota yang menjadi ibukota kerajaan tersebut.
      • Pesawat Peradaban  (Generation Ship)
        Sesuai dengan nama subgenre-nya. Ceritanya berkisah mengenai suatu pesawat luar angkasa yang melakukan perjalanan jarak jauh, melintasi tahun cahaya. Biasanya pesawat tersebut membawa peradapan bersamanya. Jadi anggap saja pesawat tersebut sebagai pengganti planet yang biasanya mereka tinggali. Perjalanan ini terpaksa mereka lakukan karena planet mereka dalam keadaan sekarat. Sehingga tidak mengherankan mereka juga membawa tumbuh-tumbuhan, binatang dan bagian alam lainnnya untuk menyelamatkan kepunahanya.
      • HRF (Hard Science Fiction)
        Cerita dalam subgenre ini menceritakan teknologi dalam sudut pandang yang keras bahkan ekstrem. Bahkan cenderung jahat. Teknologinya diceritakan dengan sangat rinci dengan mesin-mesin imaginasi. Jika ada pernah main game seperti Doom atau half alive. Kurang lebih seperti itulah ceritanya.
      • Pengembangan Manusia (Human Development)
        Cerita yang menjadikan manusia sebagai obyek penelitian untuk meningkatkan kemampuan menghadapi rintangan di masa depan. Bisa dianggap, membuat manusia berevolusi secara teknologi bukan alam. Di game-game komputer, cerita seperti ini sudah sangat umum.
      • Dunia Abadi (immortality)
        Sesuai dengan nama subgenre-nya. Cerita fiksi ini berkenaan dengan kemampuan untu hidup abadi. Bisa dikatakan seperti cerita highlander.
      • Fiksi Sains Humor
        Cerita fiksi sains yang dibuat parodi atau bahan lawak.
      • Fiksi Sains Militer
        Hampir sama seperti kerajaan galaksi, tapi sudut pandang yang diambil adalah sudut pandang seorang prajurit. Pernah main game Starcraft atau film Starship trooper? Nah, ceritanya mirip-mirip itu. Cerita berkisar pada perang antara komunitas galaksi, biasanya, sih, dengan ras yang berbeda. Misal manusia berperang dengan serangga dari planet lain.
      • Mind Uploading (Transfer Pikiran)
        Berisi cerita dengan fokus perhatian pada pemindahan isi pikiran ke bentuk lain.
      • Fiksi Sains Dunia (Mundane Science Fiction)
        Bercerita mengenai dunia bukan bumi yang mempunyai berbagai teknologi untuk bertahan hidup.
      • Mutant
        Mendengar kata mutant kita pasti ingat film x-man. Memang ceritanya seperti ini. Cerita yang mengkisahkan seorang manusia mempunyai kemampuan khusus. Kemampuannya ini membedakannya dengan manusia pada umumnya.
      • Fiksi Sains Mitos
        Berhubungan dengan cerita-cerita rakyat yang dibuat menjadi fiksi ilmiah. Saya rasa cerita-cerita semacam Percy Jackson adalah contoh dari subgenre ini.
      • Nano Teknologi
        Secara singkat, ceritanya berkisar tentang pemanfaatan teknologi ukuran nano sebagai bahan cerita.
      • Pemakaian Teknologi Masa Depan di Masa Sekarang (Near-Future)
        Isi cerita mengenai pemakaian teknologi yang saat ini sedang dalam riset atau sedang dikembangkan. Anda tentu masih ingat film knight rider. Teknologi knight rider adalah teknologi komputer generasi ke-5 dan masih dalam riset. Tetapi di film tersebut, teknologi tersebut sudah dipakai manusia.
      • Robot/Android
        Baik robot (otomatisasi dari mesin) maupun android (manusia setengah robot) adalah tema yang umum dalam cerita-cerita fiksi. Cerita fiksi ini bercerita tentang penciptaan robot dan segala permasalahan dalam membantu kehidupan manusia, baik sebagai prajurit perang atau sebagai pembantu kehidupan manusia pada umumnya.
      • Fantasi Sains
        Ini adalah gabungan genre fantasi dan genre fiksi ilmiah
      • Teknologi Singularitas (Singularity)
        Subgenre tentang loncatan teknologi secara besar-besaran. Teknologi tersebut sangat berbeda dengan teknologi saat ini.
      • Slipstream
        Pencampuran genre fantasi dengan genre fiksi sains
      • Fiksi Sains Ringan (Soft Science Fiction)
        Jenis ini tidak terlalu banyak menggunakan hal-hal berbau teknologi secara detil. Hanya sambil lalu. Sekedar menjadi latar cerita.
      • Explorasi Luar Angkasa
        Mencari kehidupan di luar spesiesnya sendiri. Biasanya mereka memakai pesawat luar angkasa untuk mencari sumber-sumber kehidupan di lain tempat untuk mereka pelajari. Masalah-masalah yang menyertai subgenre ini berkisar seperti politik, ilmu pengetahuan, dan rekayasa teknologi.
      • Opera Luar Angkasa
        Suatu cerita yang terjadi di luar kehidupan biasanya, di tempat lain (planet lain/galaksi lain), lengkap dengan lingkungan seperti asalnya. Hampir sama dengan subgenre Explorasi Luar Angkasa, hanya saja yang ditonjolkan bukan perjalanannya, tetapi kehidupan masyarakatnya. Film 7th Elemen yang dibintangi Bruce Willis termasuk subgenre ini.
      • Pembentukan ulang Bumi (Terraforming)
        Suatu cerita yang menggambarkan proses modifikasi suatu tempat hidup (misal planet,bulan atau bentuk lainnya) menjadi lebih layak untuk dihuni. Atau singkatnya dapat dikatakan rekayasa suatu planet menjadi bentuk yang diinginkan.
      • Fiksi Sains Religius (Theological)
        Mencampur antara genre fiksi sains dengan masalah agama.
      • Perjalanan Waktu (Time Travel)
        Subgenre ini sangat mudah ditemui di tulisan/film fiksi ilmiah. Bercerita tentang kemampuan berpindah masa/waktu, baik dari masa depan ke saat ini, maupun sebaliknya.
      • Pengembangan Taraf Hidup (Uplift)
        Bercerita tentang peningkatan kemampuan makhluk hidup (di luar manusia). Misalkan peningkatan kecerdasan binatang.
      • Utopia
        Sesuai dengan namanya. Setting cerita ada di dunia yang sangat sempurna atau ideal.
      • Virtual Reality
        Berhubungan dengan simulasi komputer. Dalam cerita model ini, para pengguna berinteraksi dengan komputer baik melalui monitor atau kaca mata khusus.
  3. Genre Fantasi
    FantasyGenre

    Genre Fantasi

    Subgenre:

      • Sejarah Alternatif
        Berlatar belakang pada sejarah sesungguhnya tetapi ditambahi unsur-unsur fantasi.
      • Fantasi Komik (Comic Fantasi)
        Parodi dari kisah fiksi dibalut dalam bentuk fantasi.
      • Fantasi Kontenporer
        Terjadi pada masa kini dan ditambah dengan hal-hal berbau fantasi. Contoh nyata dari subgenre ini adalah Harry Potter.
      • Fantasi Kegelapan (Dark Fantasy)
        Sedikit horror dan terjadi pada jaman-jaman ketika para Ksatria-ksatria masih hidup.
      • Fantasi Erotis
        Sama dengan novel fantasi pada umumnya tetapi dengan kadar erotis lebih tinggi. Sesuai dengan namanya.
      • Fantasi Dongeng
        Cerita dalam jenis ini bertutur tentang dongeng di masyarakat yang terjadi di dunia yang sama sekali baru, lain dari dunia di bumi. Pada Indonesia, bisa saja ada cerita Reog Ponorogo yang terjadi di dunia lain selain bumi.
      • Fantasy Of Manner
        Cerita dalam jenis ini biasanya berupa parodi dengan tokoh-tokoh diambil dari cerita kemudian tokoh tersebut diceritakanagak berbeda dari cerita aslinya. Misalnya, cerita Kancil Mencuri Mentimun diubah menjadi cerita silat. Di cerita ini digambarkan Kancil mempunyai kemampuan supranatural, sehingga pada waktu mencuri dia tidak terlihat oleh Bapak Petani.
      • Fantasi Kepahlawanan (Epik)
        Ciri cerita jenis ini, adalah melibatkan banyak orang, perang besar, intrik antara tokoh. Intinya adalah peperangan antara baik dan buruk dalam skala besar.
      • High Fantasy
        Kisah pertentangan baik-buruk yang terjadi
        baik pada dunia paralel atau dunia yang benar-benar berbeda. Penekanannya pada masalah moral
      • Juvenile Fantasy (Fantasi Anak-anak)
        Pernah tahu cerita Chronicles of Narnia?Nah, ini adalah contoh subgenre dari Juvenile Fantasy. Kisah fantasi yang diperuntukkan untuk anak-anak (meskipun saya juga suka..he..he..he) dan dengan tokoh yang belia juga. Pada dasarnya kisah fantasi memang lebih untuk anak-anak, meskipun saat saya menulis artikel ini, banyak kisah fantasi juga untuk orang dewasa.
      • Low Fantasy
        Namanya juga low, maka sisi fantasinya tidak seberapa banyak. Jika biasanya kita banyak menemui hal berbau magis di fantasi, maka di subgenre ini kita tidak terlalu banyak menemuinya. Tidak ada binatang aneh-aneh, tidak ada orang aneh-aneh seperti the lord of the rings.
      • Magical Realism
        Menggambarkan bahwa ada sesuatu bersifat magis di dunia sebenarnya. Unsur magisnya diulas seakan-akan sudah menjadi bagian dari dunia ini tetapi jarang/tidak diketahui secara luas.
      • Fantasi Mistis
        Dunia mistis dalam dunia fantasi. Jenis cerita ini banyak mengadaptasi dongeng dan cerita-cerita rakyat (mitologi)
      • Fantasi Roman
        Sudah cukup jelas dari namanya, kisa roman dalam dunia fantasi.
      • Fantasi Superhero
        Sudah cukup jelas dari namanya, Superhero dalam dunia fantasi. Tokoh-tokoh semacam Superman, Spiderman dan teman-temannya adalah contoh nyata cerita subgenre ini.
      • Sword and Sorcery (Pedang dan Penyihir)
        Setting-nya di jaman pertengahan. Saat kerajaan-kerajaan masih berdiri. Melibatkan pedang dan tukang sihir. Novel-novel karangan JRR Tolkien adalah contoh nyata subgenre ini.
      • Urban Fantasy (Fantasi Perkotaan)
        Apapun ceritanya, cerita jenis ini harus terjadi di perkotaan. Ini aturan dasar subgenre ini. Tidak masalah ceritanya melibatkan unsur masa depan, supranatural, atau bahkan terjadi di masa lampau.
  4. Genre Horor
    HorrorGenre

    Genre Horor

    Subgenre:

      • Iblis (Demon)
        Iblis digambarkan sebagai hal supranatural yang berwujud suatu makhluk. Bersifat jahat, menciptakan ketakutan, merusak, memaksa atau membujuk manusia melakukan tindakan jahat.
      • Dongeng Horor
        Sudah jelas pada namanya. Dongeng tetapihoror. Meskipun melibatkan peri dan makhluk-makhluk imut dan lucu, tidak semua dongeng ini untuk anak-anak.
      • Hantu
        Hantu paling diasosiasikan dengan arwahorang meninggal. Beberapa diantaranya ada yang hewan juga. Ceritanya berkisar aktifitas paranormal seperti tempat angker, arwah penasaran atau benda astral. Di Indonesia sudah jamak kalau melibatkan dukun atau tokoh agama.
      • Gotik
        Rasanya ini adalah cerita yang paling banyak ditulis untuk kategori horor. Biasanya berupa misteri, cinta terlarang, kerusakan moral atau cerita tentang berbagai macam roh.
      • Horor Humor
        Saat artikel ini saya tulis, humor model horor sedang menggejala. Saat ini cerita horor sudah tidak menakutkan lagi, malah jadi komedi. Judul-judul seperti Mission Pocongible, Pocong juga pocong, atau pocong ngesot pasti sudah banyak didengar orang.
      • Lovecraftian
        Inti cerita adalah: Dunia pernah diperintah oleh alien, kemudian entah karena apa meninggalkan bumi, tetapi di kemudian hari akan kembali
      • Man-made Horor
        Anda pernah mendengar tentang Frankenstein atau melihat film Doom? Jika ya, maka anda pasti sudah tahu maksud Man-made horror. Segala sesuatu horror diluar masalah supranatural. Biasanya ke-horrorannya dibuat oleh mesin, atau teknologi.
      • Monster
        Biasanya, monster digambarkan sebagai tokoh jahat. Beberapa ada yang termasuk makhluk supranatural tapi ada juga yang tidak. Disamping Werewolf, vampire atau Zombie bisa dikategorikan sebagai monster, bisa juga dengan Duyung, Bigfoot di Nepal, Kingkong atau makhluk di danau Loch Ness.
      • Fiksi Mitos
        Agak mirip dengan subgenre Monster, tapi biasanya makhluk-makhluknya dari cerita-cerita mitos. Seperti Bashee, ataupun dewa-dewa Yunani.
      • Occult
        Cerita tentang ilmu sihir, penyembahan setan, atau persekutuan dengan roh jahat lainnya
      • Post-Apocalyptic Horror (Cerita setelah kehancuran dunia)
        Cerita berkisar tentang hancurnya suatu dunia dan menyisakan beberapa orang yang bertahan. Pada perjuangan tokoh protagonis inilah cerita berfokus.
      • Kemampuan Supranatural
        Segala kemampuan manusia yang meliputi telekinesis, ESP, pirokinesis, mengendalikan pikiran dan kemampuan-kemampuannya lainnya masuk jenis subgenre ini.
      • Horor Psikologi
        Tokoh antagonisnya bukanlah supranatural. Hampir sama dengan subgenre Misteri/thriller tetapi fokusnya pada kengerian bukan misterinya. Salah satu contoh ceritanya adalah tentang pembunuhan berantai.
      • Vampir
        Reputasinya sebagai makhluk peminumdarah dan sudah menjadi mayat terkenal di berbagai negara dengan nama yang berbeda-beda. Mulai dari Lamia (Yunani), Wurdalak (Rusia), atau goong-si (Cina). Semula vampire digambarkan hampir seperti zombie, bangkit dari kubur dengan pakaian compang-camping. Namun akhir-akhir ini vampir digambarkan agak rapi bahkan hidup di kastil-kastil atau gedung-gedung mewah.
      • Manusia Serigala (Werewolf)
        Manusia serigala atau lebih dikenal dengan Werewolf sangat populer. Bahkan sering digambarkan sering muncul bersama vampir. Saya rasa dari namanya sudah jelas ceritanya bagaimana.
      • Penyihir
        Cerita seorang manusia dengan kemampuan supranatural
      • Zombie
        Cerita tentang mayat yang hidup kembali. Biasanya mereka memakan otak manusia yang hidup agar dapat terus hidup
Iklan

4 responses to “Subgenre Fiksi

  1. Terima kasih atas kejelasannya ..smga dngan blog ini akan mnjdi inspiratif buat yg hobby menulis dan untuk si pembacanya ya..g.ideal♡

    Suka

  2. Terima kasih kejelasannya ..semoga blog ini menjadi banyak inspiratif bagi yang hobby dngan menulis ataupun si pembacanya…good ideal♡

    Suka

  3. Wah, blog ini bagus banget. Kebetulan aku suka nulis, tapi cuma nulis fiksi di blog. Makasih lho penjelasannya ^^

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s