Karakterisasi Tokoh Fiksi dengan Gaya Rambut


Tak pelak lagi, setelah bentuk wajah, maka gaya rambut adalah yang selalu diperhatikan orang sewaktu kita berpapasan.

Pada gambaran tokoh-tokoh di sinetron-sinetron, atau film-film, bukan hal yang aneh, jika seperti ada kesepakatan tentang gambaran karakter tertentu. Misal, gambaran tokoh jahat biasanya adalah rambut panjang, atau botak. Gambaran wanita pedesaan jaman dahulu adalah rambut panjang. Sementara wanita dengan karakter bebas digambarkan dengan rambut model laki-laki (rambut pendek)

Dalam penulisan tokoh fiksi, kita juga menggunakan keunikan-keunikan gaya rambut untuk mendeskripsikan tokoh tertentu. Gaya rambut lebih banyak variasinya daripada bentuk wajah. Mungkin juga sebanyak karakter manusia.
Gaya rambut pria

  • Mohawk
    Gaya rambut mohawk

    Gaya rambut mohawk

    Diilhami dari suku Indian mohawk. Potongan rambut ini khas dengan rambut bagian atas yang tegak berdiri dan memangkas sampai kelihatan kulit kepala pada rambut samping. Terkadang Mohawk juga mempunyai variasi lain, yaitu strip-strip rambut pada bagian samping.

  • Spike
    spike

    Gaya Rambut Spike

    Mirip dengan Moohawk, tetapi tidak menghabiskan rambut samping sampai kelihatan kulit kepala. Rambut sisi hanya dipendekkan saja, sehingga kesan rambut penuh masih ada. Sementara bagian atas tidak sepanjang Mohawk, hanya cuma menimbulkan kesan berdiri. Pria dengan rambut ini biasanya digambarkan sebagai pria kantoran atau perlente/kaya. Misal ketua gangster/mafia, atau orang kaya dengan tampak jahat dan brilian

  • Fauxhawk
    fauxhawk

    Gaya Rambut Fauxhawk

    Sama seperti Mohawk, hanya saja tidak menipiskan bagian samping. Gaya ini lebih meremaja dibandingkan Mohawk asli. Pria dengan rambut ini digambarkan orang yang enerjik, senang kegiatan luar dan dalam, terlihat pintar tetapi kuat (lawan dari pintar dan kutu buku).

  • Sisir Belakang (Combed Back)
    SisirKeBelakang2Seluruh rambut disisir ke belakang, sehingga tidak ada belahan sama sekali. Gaya ini lebih mengacu pada gaya cowok metroseksual, sering berdandan. Tipe cowok mapan atau flamboyan dapat menggunakan tipe rambut ini.
  • Model rambut Korea
    WajahCowok

    Entah apa namanya dalam dunia fashion rambut, tetapi gaya ini sering dipakai oleh cowok-cowok Korea. Kesan cowok moderen dan muda sangat terasa. Dapat digunakan untuk menggambarkan kesan jiwa muda.

Gaya rambut wanita

  • Pixie Hair
    pixie hair

    Gaya Pixie Hair

    Potongan rambut sangat pendek sehingga seakan-akan rambut seperti topi tapi tetap menampilkan sosok wanita buka pria. Gaya rambut ini cocok untuk tokoh remaja atau dewasa muda yang aktif tapi agak manja.

  • Emo
    gaya rambut emo hair

    Gaya Rambut Emo

    Sekilas rambut model Emo terkesan berantakan. Tidak rapi. Biasanya potongan rambut ini digunakan untuk diwarnai. Kesan punky, jalanan, sedikit nakal, kurang feminim terlukis dari gaya ini. Gaya ini jarang dipakai untuk karakter anak sekolah sebab terlalu menyolok.

  • Ponytail
    Ponytail

    Gaya Rambut Ponytail

    Saya rasa gaya rambut ini adalah gaya rambut klasik. Sejak jaman saya masih kecil sampai sekarang masih banyak yang bergaya ekor kuda. Di dalam cerita, kebanyakan gaya rambut ini dipakai oleh anak-anak. Tetapi tidak menutup kemungkinan wanita dewasa memakainya, misal, ada adegan wanita sedang bersih-bersih rumah.

  • Shaggy
    Shaggy2
    Bentuk Shaggy agaknya sangat terkenal di kalangan wanita dibandingkan dengan Pixie hair atau Emo. Maklum, gaya ini termasuk tidak terlalu menyolok dibandingkan dengan dua gaya tadi. Gaya ini bisa saya sebut dengan gaya sedikit modis. Dapat dikenakan pada karakter dewasa muda (anak SMA sama kuliah awal). Rambut terdiri dari dua bagian. Bagian pendek terletak diatas dan bagian panjang terletak di bawah.
  • Keriting/Ikal
    RambutKeriting

    Potongan keriting mempunyai banyak variasi. Mulai dari keriting papan sampai keriting sebagian, misal hanya di ujung. Potongan rambut keriting bisa dikenakan pada karakter muda maupun tua. Mungkin ini disebabkan karena keriting bukan sekedar mode, tetapi karena memang sudah dari bawaan orang bisa berambut keriting

Pada saat menggambarkan keadaan rambut, kita dapat menggambarkan sebagai deskripsi (showing) atau langsung menunjukkan pada pembaca (telling). Mana yang lebih bagus? Ini tergantung dari pengarangnya. Saya pribadi lebih suka memakai showing pada novel dan telling pada cerpen. Alasannya jelas karena showing lebih membutuhkan kata-kata yang banyak daripada telling.  Namun ada suatu keadaan, saya membaliknya. Misal, jika ada bagian cerita yang lebih ingin saya tonjolkan. Maka, agar perhatian pembaca tidak terpecah, bagian lain dari cerita saya kurangi intensitasnya.

Sebagai contoh, bandingkan dua kalimat ini:

Dia berambut keriting

dan

Rambutnya bergulung-gulung bak ombak, mengingatkanku akan Pantai Kuta. Dia berlari menyosongku. Aku melebarkan lengan menyambut anakku. Istriku tertawa dan aku bertanya mengapa. Istriku menjawab, bahwa melihat rambut anak kita, sama saja mengingatkannya untuk cepat-cepat memasak mie instan.  Ya, itulah kehidupan kecil keluargaku. Aku cuma bisa kos dengan anak dan istriku, jadi makan mie instan bukan barang langka di kehidupan kami.

Kalimat pertama adalah telling.  Penulis langsung mengatakan bahwa rambutnya keriting. Sedangkan yang kedua, penulis berusaha menjelaskan keadaan rambutnya sehingga pembaca dapat mengambil kesimpulan sendiri.

4 responses to “Karakterisasi Tokoh Fiksi dengan Gaya Rambut

  1. selama ini aku menulis non-fiksi, aku mengalami kesulitan saat mulai menulis fiksi, makanya aku berterima kasih banyak atas postingannya, sangat membantu. great job!

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s