Sekuntum Nozomi Buku Kedua


SekuntumNozomi2Judul Buku: Sekuntum Nozomi Buku Kedua
Pengarang: Marga T
Tebal Halaman: 662
Tahun Terbit: 2012
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-22-6143-1

Agus dijebak Krisanti agar memperkosanya. Tujuannya cuma satu, merebut Agus dari Sabrina. Eltor membantu Krisanti karena dia sendiri ingin menikahi Sabrina. Kaspar, kakak tiri Sabrina tidak terima Krisanti akan menikah. Kaspar menuduh Krisanti agar dihamili olehnya supaya dapat memaksa Agus menikah dengannya.

Sabrina memang mencintai Matsuda alias Sergio-Chan, tetapi sudah pasti ayah Sabrina yang anti Jepang tak mungkin merestuinya. Sikap anti Jepang ini dipicu karena kakek Sabrina dipancung oleh Jepang semasa penjajahan Jepang di Indonesia. Ayah Sabrina malah lebih menyetujui Agus Rashid, seorang bintang sinetron yang sedang naik daun, untuk menjadi suami Sabrina.

Krisanti terkejut saat mengetahui Sabrina bertunangan dengan Agus. Dia memikirkan cara agar Sabrina batal menikah karena Krisanti mencintai Agus. Ia berkeluh kesah pada abangnya, Eltor, mengenai keinginannya menikah dengan Agus. Eltor langsung menemukan cara memisahkan Agus dan Sabrina. Eltor ingat bahwa Kaspar, kakak Sabrina, menyukai Krisanti. Ia menyuruh Krisanti agar membiarkan dirinya hamil dengan Kaspar, kakak Sabrina. Saat terbukti hamil, barulah Eltor akan merancang jebakan buat Agus. Eltor akan membuat Agus mabuk saat pesta bujang dan mengarahkan Agus ke kamar Krisanti. Harapan Eltor, esok paginya Agus dan beberapa saksi mata akan melihat Agus seakan-akan memperkosa Krisanti.

Eltor dengan senang hati membantu adiknya karena dia sendiri mempunyai agenda tersembunyi. Eltor berkeinginan menikahi Sabrina. Impian ini bukan karena dia mencintai Sabrina, tapi lebih kepada keinginannya sendiri untuk menyembuhkan dirinya sendiri dari kehidupan homo.

Kaspar yang baru pulang dari Afrika terkejut saat Krisanti mengatakan akan menikahi Agus dengan alasan Agus memperkosanya. Kaspar curiga dan menginterogasi Krisanti. Akhirnya Krisanti mengaku. Namun ia tak dapat memaksa Krisanti membatalkan keinginannya menikah dengan Agus. Baik Krisanti dan Kaspar saling memegang rahasia masing-masing. Krisanti mengancam akan membeberkan bisnis haram Kaspar pada ayah tirinya sementara Kaspar akan mengancam membeberkan kejadian sebenarnya pada Agus. Akhirnya tercapailah kesepakatan. Krisanti tetap boleh menikah dengan Agus, tetapi sesudah menikah harus ikut dengan Kaspar ke Afrika.

Di tempat lain, Siska menghadapi ancaman dari mantan suaminya, Helmi Landau. Mantan pianis ini menuduh ayah Siska, Pak Santoso, membunuh Marina, mantan kekasih ayahnya dan meminta santunan atas anak haram hasil hubungan gelap mereka. Dengan bantuan pengacara keluarga bernama Max Odong, Siska berhasil mengeliminir ancaman tersebut. Kemenangan ini tak berlangsung lama. Bu Santoso, ibu Siska, meninggal karena serangan jantung saat membaca surat yang dibuat Helmi Landau. Saat di rumah sakit, Johnny, kakak Siska salah terima atas kematian ibunya. Dia berpikir bahwa ibunya mati karena mantan kekasihnya, Alish, sengaja membuat Bu Santoso meninggal. Dugaan ini muncul di pikiran Johnny karena hubungan Alish dan dirinya tak direstui oleh orangtua Siska. Restu dari orangtua Johnny dan Siska ini tak akan pernah turun karena Bu Santosa dendam pada kakak Alish bernama Kristofer. Menjelang hari pernikahan, Kristofer memutuskan pertunangannya dengan Siska.

Sementara itu Casio Comodo, seorang taipan terkenal, baru saja bentrok dengan Kaspar. Casio berniat ingin membuat film porno anak-anak. Pemikiran akan bisnis barunya ini timbul karena bisnis penjualan ginjal manusia miliknya mulai mengalami bahaya. Sebagai rekan Casio, Kaspar tidak setuju dan bersikeras akan melaporkan ke Polisi apabila Casio tetap memaksa. Akhirnya Casio mengalah dan menggantikannya dengan bisnis makanan kaleng di Afrika. Tentu bukan makanan kaleng biasa karena di dalam kaleng tersebut nantinya akan diselundupkan obat-obatan terlarang.

Sekuntum Nozomi benar-benar novel holistis. Banyak sekali plot dan cerita. Dan masing-masing cerita berhubungan satu sama lain. Tak mengherankan. Banyak tokoh di novel ini berasal dari tokoh-tokoh novel Marga T di novel-novel terdahulu seperti Dikejar Bayang-bayang, Manusia Asap dari Pattaya dan Rahasia Kuil Ular, Dicabik Benci dan Cinta, dr Karmila, Badai Pasti Berlalu dan Dibakar Malu dan Rindu. Kelebihannya, ceritanya jadi padat. Mengarang 662 halaman pasti butuh banyak plot, kan? Tetapi kekurangannya juga ada. Pembaca akan bingung mencari tokoh tempat mereka akan bersimpati. Biasanya, salah satu tokoh protagonis yang menonjol akan diarahkan kepada pembaca. Lewat simpati pada protagonis inilah biasanya novelis akan mempengaruhi pembaca, entah membuat pembaca menangis, tertawa, atau puas. Tetapi karena banyaknya tokoh protagonis, pemilihannya menjadi tidak mudah. Ujung-ujungnya pembaca malah tidak memilih. Jika pembaca tidak memilih, akan sulit melibatkan perasaan pembaca di novel.

Bahasa Sekuntum Nozomi santai sekali baik dialog maupun narasi. Jujur, baru kali ini saya menjumpai novel dengan gaya penulisan seperti ini. Karena santainya, jangan berharap ada puisi-puisi romantis atau cuplikan lagu-lagu. Tidak ada! Saya rasa kadar romantis di novel ini tak seberapa banyak. Novel ini cenderung menyajikan intrik. Saling jegal. Saling menjatuhkan. Kenakalan dunia polisi, kenakalan kontraktor bangunan dan kental dengan dunia kedokteran dan problematikanya. Bahkan satu-satunya novel yang menyertakan rumus dan penjelasan mengenai diabetes (menjelaskan kepada dua anak Siska yang menderita diabetes), penyakit jantung (saat Ibu Lydia pingsan), urat syarat di tangan yang terjepit, down syndrome dan lain-lain.

Hal yang saya sukai, Marga T sering menarasikan sesuatu dari sudut pandang jenaka. Misal, bagaimana dia menjelaskan kelakuan anjing Sabrina atau anjing Lydia. Kejenakaan ini kadang membuat rasa yang seharusnya timbul jadi hilang. Misal, Marga T menarasikan kebugilan Agus di pagi hari waktu dia ditemukan bertelanjang ria dengan Krisanti dengan kata plontos. Atau gerakan kemarahan Kaspar pada Krisanti dengan tai-chi.

Novel ini lebih cocok untuk pembaca yang menyenangi dunia intrik. Tidak cocok bagi penggemar novel roman penuh. Sangat cocok bagi penggemar banyak cerita dan plot; dialog panjang dan bagi para pembaca novel Marga T sebelumnya. Dan diluar semua itu, novel ini adalah contoh bahwa menulis novel bisa saja dianggap seperti bercerita pada teman baik di dialog maupun narasi. Para penulis junior yang biasanya sering memusingkan bahasa baku atau tidak baku atau ribet dengan teori-teori menulis daripada menulisnya dapat juga mengambil inspirasi pada gaya tulis Marga T.


Silakan membaca tinjauan serial serial Sekuntum Nozomi lainnya:

Iklan

8 responses to “Sekuntum Nozomi Buku Kedua

  1. saya kemarin membaca bukunya marga T yang Badai Pasti Berlalu. Bahasanya kalau kata saya 70-an banget. Rada bertele-tele sih kalau dibandingkan novel populer jaman sekarang

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s