Notting Hill Mystery


notting hill mystery. charles felix, visimediaJudul: Notting Hill Mystery
Pengarang: Charles Felix
Penerbit: visimedia
Tebal Halaman: 245
Tahun Terbit: 2012
ISBN: 978-979-065-122-7

Baron R diduga membunuh Mrs  dan Mr Anderton serta istrinya sendiri dan mengklaim asuransi sebesar 25.000 pound dan warisan 25.000 pound. Sanggupkah Ralph Henderson membuktikan?

Setelah menikah selama tujuh bulan Edward Boleton dan Gertrude tak menemui nasib baik. Edward yang pencemburu mengejar Hawker, penggoda istrinya. Dalam duel senjata Edward tewas tertembak. Gertrude pun akhirnya menyusul setelah mengetahui kabar kematian Edward lewat suratkabar. Untunglah, sebelum meninggal, Gertrude melahirkan dua bayi perempuan kembar. Mereka menamakannya Si Kakak dengan Gertrude dan adiknya bernama Catherine.

Rupanya bayi kembar ini mempunyai sifat unik. Mereka bisa saling merasakan penderitaan satu sama lain. Jika si kakak sakit, adiknya juga turut sakit, begitu sebaliknya. Bedanya, sang adik lebih kuat menanggung derita daripada si kakak. Malang belum beralih dari keluarga Boleton, saat mereka anak kembar ini dibawa berjalan-berjalan di Fairlie Down. Sang adik, Catherine, diculik oleh sekelompok Gipsi.

Setelah dewasa, Gertrude menikah dengan Anderton, sehingga sekarang sering dipanggil sebagai Mrs. Anderton. Keadaan fisiknya tetap lemah. Sering sakit-sakitan. Anderton berusaha menyembuhkan dengan berbagai cara. Sebagai usaha terakhir, Anderton meminta bantuan ahli hipnosis, Baron R. Entah dengan cara apa, kelihatannya pengobatan tersebut berhasil. Mrs Anderton berangsur-angsur membaik. Mr. Anderton semakin mempercayai Baron R.

Dalam suatu percakapan setelah sesi pengobatan Mrs Anderton, tanpa sengaja, Mr Anderton bercerita pada Baron R bahwa adik istrinya hilang sewaktu kecil. Lantas pembicaraan beralih dengan membahas sebuah artikel pada majalah Zoist. Artikel yang mereka perbincangan adalah mengenai hipnosis. Hipnosis pada artikel tersebut dilakukan dengan menggunakan medium. Apa yang dilakukan pada medium akan terjadi pada obyek hipnosisnya. Rupanya Baron R mulai curiga kalau asistennya, bernama Rosalie, adalah adik dari Gertrude.

Dari penyelidikannya, Baron mengetahui bahwa Gertrude mewarisi uang 25.000 pound dari orangtuanya. Sembari berusaha mendapatkan uang tersebut, Baron membuat rencana candangan apabila rencana tersebut gagal. Rencana tersebut dijalankan dengan mendaftarkan istrinya pada 5 asuransi, sehingga total asuransi yang akan didapatkannya apabila istri Baron meninggal adalah 25.000. Andai rencana pertama tidak gagal, maka jumlah uang yang akan didapatkannya adalah 50.000 pound.

Setelah urusan asuransi selesai, Baron mulai menjalankan pembunuhan. Aturan asuransi mengatakan: Mr Anderton akan mendapatkan uang terlebih dahulu apabila istrinya meninggal. Adik Mrs Anderton, bernama Rosalie, akan mendapatkan uang jika Mr Anderton meninggal sebab pasangan Anderton tidak memiliki anak. Dan terakhir, Baron akan mendapatkan uang warisan tadi jika istrinya meninggal.

Saat pihak asuransi mendapat klaim dari Baron, pihak asuransi curiga, lantas menyewa dektektif swasta Ralph Henderson untuk memastikan klaim tersebut valid.

Sebagai novel dektektif pertama (terbit 1863), novel ini pasti mengejutkan khalayak ramai. Dicantumkan dalam novel, sampai-sampai orang-orang bingung membuat review-nya. Tetapi bagi pembaca novel saat ini untuk novel-novel semacam Agatha Christie atau Sir Arthur Conan Doyle, Notting Hill Mystery tidak terlalu istimewa. Pertama-tama sejak awal memang terpampang jelas kalau Baron R dicurigai, karena itu di sepanjang buku, penulis berusaha membuktikan dengan alasan logis bukti-bukti apa yang mendukung kecurigaan tersebut. Bandingkan dengan novel-novel Agatha Christie. Saya sering pada lembar-lembar terakhir baru mendapatkan titik-titik kecurigaan siapakah pembunuhnya. Notting Hill juga memakai hukum umum dalam kebanyakan cerita dektektif: Siapakah yang paling diuntungkan dengan kematian korban? Sebagai perbandingan, Agatha Christie sering mengecoh pembaca dengan mengarahkan pada seseorang yang diuntungkan dengan meninggalkan korban tetapi ternyata pembunuhannya bukan dia.

Andai kasus ini benar-benar dibawa ke pengadilan, saya rasa agak sulit untuk menyeret pembunuhnya. Mrs Anderton dibunuh dengan meracuni adiknya (INGAT: Gertrude dan Rosalie atau Madame R atau Catherine) mempunyai hubungan secara fisik. Penderitaan saudara kembarnya akan dirasakan oleh lainnya. Gertrude memang menderita gejala-gejala keracunan karena turut merasakan penderitaan adiknya, sehingga dokter bingung karena tak menemukan racun samasekali dalam tubuhnya. Madame R pun minum racun dalam keadaan trance. Sehingga agak sulit membuktikan kalau Baron R meracuninya meskipun ada saksi yang melihat Baron R ada di lokasi saat Madame R sedang tidur berjalan karena diduga menderita somnabulisme.

Novel ini juga mempunyai format seperti novel epistolari (berbentuk surat menyurat) yang memang nge-trend di awal-awal abad 19. Format semacam ini agak menyulitkan saya mengikuti penyelidikan Ralph Henderson. Pertama: Karena saya harus mengurutkan tanggal-tanggal peristiwa secara manual. Kedua: Saya agak sulit untuk membandingkan sebuah surat yang menceritakan kejadian yang sama karena saya tidak tahu surat tandingannya tersebut di halaman berapa (karena tak diurutkan menurut waktu tertentu). Charles Felix (pengarang novel ini) memang beberapa kali memberikan referensi agar pembaca dapat membandingkan suatu surat dengan surat yang lain. Masalahnya saya terkadang ingin membandingkan suatu hal diluar referensi dari penulisnya.

Kekurangan seperti yang saya tulis diatas tidak mengurangi jempol saya untuk diacungkan sebagai tanda bagus. Pemakaian unsur hipnotis, kimia, psikologi (hubungan bayi kembar) dalam merancang pembunuhan serta cara-cara penyelidikan dengan menyertakan bukti-bukti tertulis di novel untuk ukuran tahun 1863 adalah spektakuler. Hanya saja saya lebih suka cara penulisan novel-novel seperti punya Agatha Christie atau Sir Arthur Conan Doyle dibandingkan seperti epistolari.

Iklan

4 responses to “Notting Hill Mystery

  1. wah, novel klasik nih

    Suka

  2. seru kayaknya ni ceritanya Mas, saya suka model novel2 detektif gini 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s