Siapa Mau Jadi Pacarku


siapa mau jadi pacarku sheila triani retno aJudul Buku: Siapa Mau Jadi Pacarku?
Jumlah Halaman: 125
Pengarang: Triani Retno A
Penerbit: Andi
Tahun Terbit: 2013
ISBN: 978-979-29-3542-4

Kumpulan cerpen dengan tema bervariasi. Satu penghubung diantara cerpen-cerpen tersebut: Rasa Cinta

Kumpulan terbaru dari Triani Retno A ini terdiri dari 15 cerita. Tema cerita bervariasi. Mulai dari cinta, persahabatan bahkan kemanusiaan. Berikut saya sajikan terlebih dahulu ringkasan masing-masing cerpen:

  1. Cinta dalam sepotong kue gosong
    Lula mencintai Farrel. Satu-satunya cara mendapatkan perhatian datang ketika sekolah mereka menngadakan bazar. Akankah kue gosong buatannya sanggup memikat Farrel yang notabene adalah anak seorang pemilik toko kue?
  2. Atas Nama Cinta
    Alda datang dari Bandung ke Jakarta untuk satu tujuan: Kuliah. Di tempat itu ia berpacaran dengan Ferry. Alda bimbang saat menemukan latar belakang Ferry.
  3. Siapa Mau Jadi Pacarku?
    Gilang menyatakan cinta pada Vianti Fahrani. Vianti sendiri pada dasarnya menyukai pemuda tersebut tetapi alasan penolakan Vianti membuat sahabatnya—Alika— melongo.
  4. Apa dan Siapa?
    Teman-teman Kania dan Nina bingung karena tiba-tiba melihat mereka berdua saling menjauhi. Didi benar-benar tidak menyangka akan pendirian Kania ketika pria itu mendapatkan jawaban dari Kania alasannya membenci Nina.
  5. Saat Berubah
    Aneta baru pindah sekolah ke SMA 30. Hubungan dengan teman-teman barunya berbuah buruk. Mereka menawari Aneta obat-obatan terlarang. Yudha memperingatkan Aneta agar bertobat.
  6. No, No, No!
    Imel dan Ervan adalah sepasang kekasih lugu namun Ervan mulai berubah karena ledekan teman-temannya. Ervan meminta sesuatu yang tidak disukai oleh Imel. Ervan tidak suka ditolak dan mengancam untuk memutuskan hubungan mereka.
  7. Rindu di Hati Kita
    Semula Iyan dan Devi hanya berteman biasa. Rasa cinta diantara mereka mulai tumbuh saat mereka saling berjauhan
  8. Cinta Tertunda
    Felia mempunyai kakak pria bernama Herry. Suatu ketika Herry mati terbunuh karena pengeroyokan di jalanan Jakarta. Kepedihan hati Felia membawanya berpindah ke Bandung. Justru di kota itu ia bertemu dengan pembunuh Herry
  9. Impian Putri
    Putri Aisha adalah putri seorang pengusaha catering. Jago menawar harga. Tidak biasa mengemis. Suatu ketika kepandaian menawar ini membuatnya masuk ke OSIS. Sayang cara OSIS yang mengemis dana tak sesuai dengan hatinya. Karena protesnya, ia dikeluarkan dari kepengurusan.
  10. Batas Mimpi
    Yudi sempat berpacaran dengan Sita namun kemudian putus. Sita tidak menyukai sikap Yudi. Pria itu suka mengatur-melarang Sita. Setelah putus dengan Yudi, Sita berpacaran dengan Iwan. Iwan sangat berbeda dengan Yudi. Namun Sita akhirnya menyesal setelah mengetahui dirinya hamil.
  11. Cinta Jingga
    Mita berteman akrab dengan anggota grup musik Junio-R. Terutama dengan Welly. Ketika Welly meninggal, Mita merasa sangat kehilangan.
  12. That’s Funky
    Nuni dan Ika berteman dekat. Perbedaan diantara mereka cuma pada penampilan saja. Nuni selalu berdandan bak seorang putri dan kecantikannya bukan rahasia lagi di SMA 101 Bandung. Sedangkan Ika, meskipun pintar, berdandan ala kadarnya. Malam itu, di pesta ulang tahun Windy, Ika berubah menjadi cantik.
  13. Cinta Ini Bukan Milik Kita
    Lea bermimpi menjadi pacar Bayu. Cowok berkaca mata yang terlihat keren. Namun impian itu kandas manakala Bayu mundur karena melihat keaktifan Lea sebagai seorang wanita mandiri.
  14. Mimpi-mimpi
    Mella, Gita, Rini dan Nike tergabung dalam kelompok band. Mereka tidak kecewa karena hanya mendapat juara ke-3 dalam kontes musik PMC. Justru tawaran dari perusahaan rekaman Swaratama record yang membuat hidup mereka berubah. Sayangnya, justru disaat mereka tenar. Mereka harus berpisah karena tergiur kontrak di tempat lain.
  15. Hati yang Melihat Pelangi
    Alika mengajak teman-temannya untuk bakti sosial. Berbagai model bakti sosial ditawarkan Alika. Hanya bakti sosial ke tempat penyandang tunanetra yang agak disetujui oleh mereka. Salah seorang yang agak ragu adalah Kayla. Alika merancang suatu rencana agar Kayla tidak ragu.

Cerita remaja dalam novel ini menarik. Disamping materi cerita bervariasi, dialog yang meremaja dan tak dibuat-buat, suasana ceria dan tindakan gokil dapat ditemui disini. Sudah menjadi ciri khas cerpen remaja, dialog dibuat lebih dominan di buku ini daripada narasi. Begitu juga dengan kekurangan pemaparan karakter secara detil. Bisa dimengerti, menulis cerpen memang tak bisa menghabur-haburkan banyak kalimat, apalagi jika untuk diterbitkan di majalah remaja.

Secara garis besar saya menyukai semua ceritanya. Namun ada beberapa cerita yang membuat saya sedikit berkomentar. Cerita tersebut adalah cerita 2, 4 dan 5.

Cerita 2: Atas Nama Cinta
Bagian akhir cerita terasa menggantung. Yang menjadi masalah bukan menggantungnya (tidak masalah cerpen menggantung) tetapi berhenti di tempat yang tidak tepat. Berikut ini cuplikan paragrap terakhir di halaman 15:

Alda tertegun ketika melihat Ferry berdiri beberapa meter di depannya. Detik berikutnya Alda membalikkan tubuh dan berlari menjauhi Ferry.

Jika dalam olahraga ada fase pendinginan sebelum olahraga benar-benar berakhir maka cerpen ini tidak mempunyai fase pendinginan. Seperti ngebuttiba-tiba dihentikan mendadak. Saya pribadi lebih menyukai jika ditambahkan sedikit narasi atau dialog batin pada penutupan ini, misal: Digambarkan pertentangan batin Alda antara terus dengan Ferry atau putus dalam bentuk percakapan batin. Atau Ferry yang mengejar Alda sambil bertanya tentang sikapnya yang tiba-tiba seperti bermusuhan.

Cerita 4: Apa dan Siapa?
Jika pada cerita 2 yang tidak enak pada pemutusan alur yang tiba-tiba maka pada cerpen ini terletak pada kekurangan alasan pada pihak Kania. Dia bersikukuh tetap membenci Nina. Jika ditambahkan sedikit saja alasan yang agak kuat kenapa Kania sangat teguh membenci Nina, cerpen ini lebih keren. Saya pernah melihat sebuah miniseri di TV (saya lupa stasiun dan judulnya) disitu diceritakan tentang gadis keras kepala dan tak mau bergaul dengan teman-temannya. Di akhir film, Si gadis digambarkan tetap kukuh dengan pendiriannya, tapi……… di bagian penutupan, dia memeluk sebuah patung malaikat. Adegan tersebut diiringi lagu In The Arms of Angel punya Sarah Mclachlan. Ternyata gadis ini sebetulnya kesepian dan merasa ditinggalkan oleh ibunya. Kebandelannya selama ini disebabkan karena frustasi dengan masalahnya. Penutupannya sangat…sangat menyentuh.

Cerita 5: Saat Berubah
Saya mempunyai teman-teman yang menjalani pemulihan akibat kecanduan obat-obatan terlarang. Bukan hal yang mudah pulih dari ketergantungan. Kata-kata dalam cerpen ini kurang membuat orang merasa ngeri atau hati-hati terhadap penggunaan obat-obatan terlarang.

Sedangkan cerpen yang paling saya senangi adalah: Cinta Ini Bukan Milik Kita, Impian Putri dan Hati yang Melihat Pelangi.

Cinta Ini Bukan Milik Kita
Emosi Lea sungguh menyentuh. Saya dapat merasakan kesedihan dan kemarahannya pada tokoh Bayu.

Hati Yang Melihat Pelangi
Ceritanya humanis, memberi inspirasi dan tentu pastilah satu-satunya yang bertema sangat kuat dibanding cerpen lainnya.

Impian Putri
Ceritanya keren. Bisa dijadikan bahan pertimbangan para organisatoris agar lebih baik mencari dana dengan menukarkan jasa/barang daripada mengemis.

Siapa Mau Jadi Pacarku? Menyuguhkan alur-alur ringan, bahasa remaja, dan tema-tema seputar dunia remaja. Para mantan remaja juga tak dilarang mengintip isinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s