Kalimat Luas Rapatan


 Kalimat luas rapatan adalah kalimat yang dibentuk dari minimal dua buah klausa manjadi kalimat baru dengan menggabungkan unsur yang sama. Kesamaan tersebut bisa terletak pada subyek, obyek, predikat maupun keterangan.

  1. Menggabung Subyek (Rapatan Subyek)

    Contoh:
    Pacarku membeli sate
    Pacarku membeli minumanHasil penggabungannya adalah:

    Pacarku membeli sate dan membeli minuman

    atau

    Pacarku membeli sate lalu membeli minuman

    atau

    Pacarku membeli sate sebelum membeli minuman

  2. Menggabung Predikat (Rapatan Predikat)

    Contoh:
    Ayah membaca koran
    Ibu membaca majalahHasil penggabungan adalah:Ayah membaca koran sedangkan ibu majalah

    atau

    Ayah membaca koran padahal ibu majalah

    atau

    Ayah membaca koran dan ibu majalah

  3. Menggabung Obyek (Rapatan Obyek)

    Contoh:
    Aku menendang musuh
    Temanku memukul musuhHasil penggabungan adalah:Aku menendang musuh dan temanku memukulnya

    atau

    Aku menendang musuh sedangkan temanku memukulnya

    atau

    Aku menendang musuh lalu temanku memukulnya

  4. Menggabung Keterangan (Rapatan Keterangan)

    Contoh:
    Hari Rabu aku les biola
    Hari Rabu ibu les KarateHasil penggabungan adalah:Hari Rabu aku les biola dan ibu les karate

    atau

    Hari Rabu aku les biola ketika ibu les karate

    atau

    Hari Rabu aku les biola sebelum ibu les karate

  5. Menggabung Kompleks (Rapatan Kompleks)

    Suatu kalimat bisa saja mengandung bagian-bagian yang setara lebih dari dua buah. Penggabungan unsur yang sama lebih dari dua ini disebut rapatan kompleks.Contoh:
    Dia membawa buku
    Dia membawa pensil
    Dia membawa rautanHasil penggabungan adalah:

    Dia membawa buku, pensil dan rautan.

Tinggalkan Balasan

