We Versus The World


we versus the world; jeremy muelen; sera karina, wahyu mediaJudul Buku: We Versus The World

Penulis: Stanley Meulen

Penerbit: Wahyu Media

Jumlah Halaman: 302

Tahun Terbit: 2013, cetakan pertama

Desainer Sampul: Kicky Maryana

Penata Letak: Tri Indah Marty

ISBN: 979-795-727-6


Siapa yang tahu rumus cinta? Siapa yang tahu dengan siapa akan jatuh cinta? Memang benar, cinta itu buta. Tetapi, apakah Sera dan Jeremy memang buta?

Dunia Jeremy hancur. Perusahaan tempat ia bekerja bangkrut. Sera Karina pun memutuskan hubungan mereka. Farid mendatangi Jeremy yang lagi tercenung di Oseyen Inn. Ia mengatakan bahwa ayah-ibunya menunggunya untuk datang. Jeremy diundang untuk menghadiri pesta penyambutan tahun baru. Om Harun, ayah Farid, mengenalkannya pada Om Isman. Orangtua Zabrina tersebut meminta Jeremy untuk membantu membuat company profile untuk firma hukum miliknya.

Disaat Jeremy bahagia karena presentasi company profile-nya diterima oleh Isman, Sera mengirim SMS. Ia ingin curhat tentang masalahnya. Tentu saja Jeremy menyanggupi bertemu dengannya. Ternyata Sera sedang bertengkar dengan pacarnya dan mereka putus. Jeremy meminta Sera agar mereka berpacaran lagi dan Sera dengan ragu menjawab Ya. Namun untuk kesekian kalinya Sera Karina tiba-tiba menghilang lagi.

Perasaan Jeremy bertambah sedih saat Mamanya meninggal. Disaat seperti itu Zabrina mengatakan pada Jeremy jika ia menyukai pemuda itu. Suatu saat, ia mencoba menghibur Jeremy. Ia menyodorkan dua tiket konser klasik. Pada mulanya Jeremy menolak, tapi rayuan Zabrina lebih menohok dari kekerasan hati Jeremy.

Jeremy kaget, ternyata salah satu orang yang tampil di konser tersebut adalah Sera Karina. Karuan saja perasaan Jeremy serasa diaduk-aduk. Saat pulang dari konser, Jeremy melihat seorang pemuda disamping Sera. Ia maklum, itu pasti pacar baru Sera. Zabrina menangkap gelagat tidak baik dari wajah Jeremy. Ia bertanya pada Jeremy, dan jawaban pemuda itu membuatnya syok. Sebab dengan demikian sama artinya Jeremy masih mencintai Sera dan hilanglah kesempatannya menjadi pacar Jeremy.

Jeremy pergi ke Bandung, ke rumah Kak Renny dan Bang Rio, kakak dari temannya yang meninggal karena kelebihan dosis. Namun belum sempat menenangkan diri, Baron menelepon. Ia memberitahukan kalau Sera Karina sudah dua hari tidak pulang ke rumah. Jeremy pulang kembali ke Jakarta. Dengan dibantu dengan Bang Rio, Jeremy berusaha menyelamatkan Sera dari sanderaan Aloysius, sepupu Aldy. Dalam aksi pembebasan Sera, Aloysius tewas karena mobilnya terbalik.

Secara struktur, cerita di novel ini hampir sama dengan pendahulunya, Me and You Versus The World. Isi cerita berkisar pada perjuangan Jeremy Mulen mendapatkan cinta Sera Karina. Perbedaannya terletak pada akhir cerita. Di novel pendahulunya, mereka berdua memutuskan hubungan sementara di novel ini, mereka justru meresmikan hubungan mereka berdua pada pernikahan.

Saya akan mulai berkomentar pada sisi fisik novel. Terus terang, sampulnya tidak semenarik novel pertama. Gambarnya kurang menyolok, sehingga akan tenggelam jika novel ini bersanding dengan novel dengan sampul menyolok. Saya pribadi sempat kesulitan mencari novel ini di rak tokoh buku karena kurang-jelasnya sampul bukunya. Dan saya juga baru tahu bahwa sampul depan bergambar jalan setelah agak makan waktu untuk mengamati.

Kertas oke punya. Tebal. Bagi orang yang sering membaca novel saat di dalam mobil seperti saya, ketebalan kertas dapat membantu saya memindahkan halaman tanpa kesulitan. Akan tetapi, lagi-lagi ada yang mengganggu. Nomor halamannya tidak seberapa jelas (saya mempunyai kebiasaan memindahkan halaman sambil melihat nomor halaman agar tidak terlewat).

Karena cerita di novel ini untuk remaja, saya sangat setuju dengan keputusan penulis dengan memakai bahasa yang benar-benar gaul, khas Jakarta, lengkap dengan selingan bahasa inggris. Ceritanya pun tidak tergolong berat. Cerita bergerak dengan fokus utama pada konflik dengan meniadakan soliloquy. Jeremy memang sering bercerita sendiri, tetapi dia tidak menunjukkan pada dirinya sendiri, melainkan pada pembaca (indirect interior monologue), dalam hal ini Jeremy adalah tokoh sekaligus narator yang bercerita terhadap pembaca.

Novel berbahasa lugas, dengan dialog tak-berbunga-bunga ini tak akan membuat pusing remaja. Masalahnya cuma ber-inti pada Jeremy dengan mantan pacarnya, pengagumnya dan tentu saja calon istrinya: Sera Karina. Untuk memperberat cerita, penulis menambahkan dengan antagonis, Aloysius, sebagai penghalang hubungan Jeremy-Sera.

 

Daftar Tokoh

Nama Tokoh

Keterangan

Jeremy Mulen

Tokoh utama

Sera Karina

Pacar Jeremy Meulen, violinist, model

Ibu Sera Karina

Vida Maharani Galvez

Mantan kekasih Jeremy Meulen

Farid

Teman akrab Jeremy Meulen

Zabrina

Calon dokter, naksir Jeremy Meulen

Baron

Teman Jeremy, sepupu Sera Karina

Isman Avera

Papa Zabrina

Harun Al-Gahdi

Ayah Farid

Christian

Mantan pacar Sera Karina

Afifa

Adik Farid

Bang Rio

Preman, kakak teman Jeremy

Kak Reny

Istri Bang Rio

Aloysius

Sepupu Emmanuel, dendam terhadap Jeremy karena Emmanuel masuk penjara gara-gara Jeremy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s