Contoh Surat Pengantar ke Penerbit


Surabaya, 5 Agustus 2014

Lampiran :  Sinopsis
Perihal      :  Pengiriman Naskah Fiksi

Kepada Yth.
Redaksi Fiksi
PT. Gramedia Pustaka Utama
Jl. Palmerah Selatan
Jakarta 10270

Bersama surat ini saya mengirimkan sebuah naskah novel fiksi dengan perincian sebagai berikut:

Judul Naskah                     :  Menggapai Awan
Genre                                     :  Young Adult
Target Pembaca                :  Usia dewasa antara umur 17 s.d. 25 tahun
Tebal Halaman                  :  150 Halaman A4. 1,5 spasi, Times New Roman.
Keunggulan Naskah        :  Saya mengamati genre young adult jarang diperhatikan oleh penerbit. Sepanjang yang saya tahu, genre-genre yang sering diperhatikan adalah teenlit. Untuk mengisi kekurangan ini, saya membuat tema seorang pria homoseksual yang bertobat dan menikahi seorang wanita. Semoga tema ini dapat menarik perhatian pembaca.

Besar harapan saya untuk bekerja sama dengan Gramedia Pustaka Utama. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Salam hormat saya,

TTD

Yohanes Octa

10 responses to “Contoh Surat Pengantar ke Penerbit

  1. srimulyaningsih297

    kalo novelnya tentang detektif tapi ada komedi-komedinya, itu masuk genre apa kak?

    Suka

  2. Genre itu apa?

    Suka

  3. kirim nya itu lewat apa ya? e-mail, pos atau apa, diketik lalu print atau tulis tangan pada double folio?

    Suka

  4. Ow. Lalu bagaimanakah contoh kalimat pengantar yang baik di email tersebut? Karena kalau saya kalau mengirim naskah ke media massa, kalimat2 saya suka terasa kaku & formil seperti mengirim surat lamaran kerja saja. Tapi saya juga tidak mau sampai terkesan lebay & SKSD. Ada saran? Trims mas Octa.

    Suka

  5. Bagaimanakah contoh Surat Pengantar untuk Cerpen/Cerber di Koran/Tabloid/Majalah? Apakah Surat Pengantar perlu ditulis panjang seperti pada contoh di atas atau bisa lebih dipersingkat lagi? Trims mas Octa.

    Suka

  6. Waktu mengirim 2 naskahku. Aku tidak menyertakan surat pengantar. Apakah naskah ku ditolak???

    Suka

Tinggalkan Balasan

