Suddenly You (Saat Menemukanmu)


lisa klepas, gramedia pustaka utama, fiksi dewasa, novel, ceritaJudul Buku: Suddenly You (Saat Menemukanmu)
Penulis: Lisa Kleypas
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2014
Alih Bahasa: Anggraini Novitasari
Editor: Rini Nurul Badariah
Desain Sampul: Marcel AW
Jumlah Halaman: 405
ISBN: 978-602-03-0128-0

Amanda menyewa Jack Devlin, pelacur pria, untuk pesta ulang tahunnya yang ke-30. Ia tak menyangka bahwa hubungan mereka tak hanya sekedar pelanggan-penjual jasa pada akhirnya.

Usia Amanda menjelang tiga puluh tahun dan belum menikah. Kesibukannya merawat ayahnya adalah penyebab ia terlambat menikah. Saat berulang tahun ke-30, ia mendatangi pemilik rumah bordil Mrs Bradshaw dan menyewa pelacur pria untuk menghiburnya. Alih-alih terhibur, pria itu malah mencuri hatinya. Ia jatuh cinta pada pelacur pria bernama Jack Devlin.

Amanda amat terkejut ketika mengetahui bahwa Jack Devlin sebenarnya adalah penerbit buku, saingan dari Mr Sheffield, yang menerbitkan buku-buku Amanda. Jack membujuk Amanda agar mau menjadi penulis untuknya dan meminta ijin untuk menerbitkan novel yang ditulis pertama kali oleh Amanda, The Unfinished Lady. Tentu saja Amanda menolak, tetapi lambat laun ia berusaha berkompromi, terutama karena bayaran yang ditawarkan Jack sangat menggiurkan.

Jack ternyata tidak hanya berniat pada tulisan Amanda tetapi juga dirinya. Reputasi Jack sebagai pria yang tak menginginkan pernikahan dan lebih menyukai kebebasan membuat Amanda tak memberikan respon. Namun Jack tidak mau menyerah. Saat pulang dari rumah Jack, pria itu berusaha menampilkan kemampuan bercintanya di kereta kuda yang membawa mereka. Amanda bertekuk lutut. Rasa dahaganya selama hampir tiga puluh tahun terpuaskan saat itu.

Amanda menerima kehadiran Jack semata-mata hanya untuk bercinta. Mereka menyepakati bahwa tiga bulan setelahnya mereka harus berpisah. Semual Jack tidak terima, tetapi ketika dia menyadari bahwa dirinya memang tidak pernah menginginkan pernikahan, ia lantas menyetujui.

Saat diundang di suatu pesta, Amanda bertemu dengan Charles Hartley. Duda tanpa anak ini sangat sopan di mata Amanda. Kegemarannya mengarang buku anak-anak turut memberikan andil pada penilaian Amanda tentang dirinya. Segera mereka menjadi akrab. Amanda dan Charles akhirnya saling jatuh cinta.

Bencana datang. Amanda ternyata hamil. Sudah jelas anak tersebut berayah Jack. Charles Hartley tak bergeming. Dia tetap mau menikah dengan Amanda dengan syarat Amanda memberitahu Jack kalau Amanda sedang mengandung anaknya.

Pada saat pesta pertunangan mereka, Jack datang. Secara tidak sengaja Charles mengatakan pada Jack bahwa dia tak mempermasalahkan bayi Jack di perut Amanda. Jack terkejut atas fakta ini karena Amanda tidak pernah memberitahunya. Jack menuntut Charles agar menunda pengumuman pertunangan mereka sampai dia membereskan masalah tersebut dengan Amanda. Atas perdebatan Amanda dengan Jack, Amanda memutuskan hubungannya dengan Charles Hartley dan menikah dengan Jack Devlin.

Plot sederhana. Tapi mungkin ada bertanya kenapa novel yang berplot sederhana bisa sampai 405 halaman? Jawabannya terletak pada penggambaran detil pakaian, adegan seks atau setting tempat yang begitu banyak. Sampai-sampai saya ketiduran atau setidak-tidaknya menguap. Kenapa saya menguap? Karena saya tak dapat membayangkan detil pakaian dan setting. Maklum, pakaian dan detil-nya ala barat. Sepertinya pembaca harus mempunyai kamus khusus pakaian-pakaian tempo dulu. Penulis sangat menguasai pakaian-pakaian tempo dulu, membacanya, kita langsung bisa menebak ceritanya pastilah terjadi pada jaman dulu.

Dulu, saya beranggapan bahwa novel dewasa dan novel erotik tak ada bedanya, sama-sama terdapat hal-hal yang berhubungan dengan seks, tetapi sekarang baru mengetahui bahwa novel dewasa tak sevulgar novel erotis. Novel ini tak secara terang-terangan menyebut alat reproduksi pria/wanita. Begitu juga dengan persetubuhan, penulis lebih menggunakan kata mendorong.

Ada dua tokoh utama. Jack Devlin dan Amanda Briars. Tokoh Jack digambarkan mendekati sempurna untuk ukuran laki-laki pecinta. Hanya minus di sikapnya yang menempuh cara-cara tak etis dalam menjalankan bisnis penerbitan buku. Amanda mempunyai bentuk kaki yang jelek sebagai sisi minus karakternya. Tak masalah bagi saya meskipun karakternya kurang minus, tetapi cerita menjadi semakin kurang nendang karena permasalahan mereka kurang berat. Jack menyukai kebebasan, tidak ingin menikah, sedangkan Amanda lebih ingin laki-laki yang bertanggung jawab. Kedua kutub yang bertolak belakang ini dan sedikit gangguan dari Charles Hartley menjadi inti masalah pada novel ini. Namun lagi-lagi Charles terlalu gentlement, terlalu baik hati sehingga tidak dapat dikatakan sebagai antagonis bagi hubungan Jack-Amanda. Kalaupun dipaksa harus ada tokoh antagonis, mungkin dapat dikenakan pada Lord Tirwitt. Tetapi orang ini hanya antagonis bagi Jack dan Gemma Bradshaw, pun kadarnya juga sedang-sedang saja.

Saya merasakan cerita agak menguat di saat-saat Amanda mengetahui dirinya hamil karena Jack dan saat-saat dia memutuskan pergi ke Perancis. Kemudian cerita agak lemah karena setelah Jack tahu Amanda hamil dan menyuruh Charles Hartley menunda pengumuman pertunangan mereka, sikap Charles Hartley adem ayem. Cool banget. Untung, bagian akhir lumayan menguat. Pada bagian ini, diceritakan Amanda keguguran. Tapi beberapa tahun kemudian mereka mempunyai dua anak

Bagi penggemar cerita-cerita abad pertengahan dan drama, novel ini cukup menarik. Apalagi jika konsentrasi anda pada cerita dewasa. Akan tetapi, bagi pecinta novel-novel semacam Sekuntum Nozomi karya Marga T, saya rasa novel ini terasa ringan.

Daftar Tokoh:

Nama Tokoh

Keterangan

Amanda Briars Tokoh utama. Perawan tua.
Jack Devlin Pemilik penerbitan ternama
Mrs Gemma Bradshaw Pemilik rumah bordil
Thadeus Talbot Pengacara Amanda Briars
Oscar Fretwell Manajer Penerbitan. Teman sekolah Jack Devlin
Francine Teman sesama penulis Amanda
Lord Tirwitt Marah pada Jack Devlin karena kisahnya di rumah bordil Mrs Bradshaw ditulis oleh Mrs Bradshaw dan diterbitkan oleh Jack Devlin
Sukey Pelayan wanita Amanda
Charles Pelayan pria Amanda
Charles Hartley Di kalangan penulis dikenal sebagai Uncle Hartley. Penulis buku anak-anak dan menjadi penulis di penerbitan milik Jack Devlin
Mr Sheffield Penerbit tulisan Amanda
Orpin, stubbins Teman satu sekolah Jack Devlin di Sekolah Knatchford Heath
Sophia Kakak Amanda
Violet Juru masak Amanda
Jacob Romley Polisi yang menahan Lord Tirwitt
Iklan

4 responses to “Suddenly You (Saat Menemukanmu)

  1. Mas, punya rekomendasi buku dewasa atau mungkin ‘erotis’ tapi bahasanya santun?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s