Aku Calon Penggantimu


aku calon penggantimu, elisabeth inggriani, balai pustaka, resensi, sinopsis, ringkasanJudul Buku: Aku Calon Penggantimu
Penulis: Elisabeth Inggriani
Jumlah Halaman: 60 halaman
Penerbit: Balai Pustaka
Tahun Terbit: 2007, cetakan ke-7
Perancang Sampul: Hanung Sunarmono
Ilustrasi sampul dan dalam: Adjie Soesanto
ISBN:-

Adi mendapatkan tugas dari Bu Lisa mengenai kepahlawanan. Akankah dia mengerti arti kepahlawanan sesungguhnya?

Indra mendapat tugas dari Bu Lisa. Tugas tersebut dikerjakan di saat mereka liburan. Pada tugas tersebut mereka harus menyerahkan kliping dan menuliskan sejarah pahlawan-pahlawan yang mereka pilih. Indra meminta bantuan Kak Ani, kakaknya. Esok hari, Indra dan teman-temannya berkemah di rumah Kakek Indra pada daerah pedesaan.

Kak Ani beserta dengan Adi dan Yohana membimbing mereka selama perkemahan. Tugas pertama ditetapkan Kak Ani, yaitu membuat peta dari daerah dimana mereka berkemah. Segera saja Indra membagi tugas pada teman-temannya. Keesokan hari, tugas mereka jauh lebih berat. Anak perempuan membuat masakan untuk makan siang, sedangkan anak laki-laki mencari ikan. Para pemancing merasa kesal, marah, capai dan haus. Indra hanya mendapat satu ikan, Wisma dua ekor, Yosafat tiga ekor sementara Ferry mendapat empat ekor. Mereka kecewa mendapat hanya 13 ekor ikan, itu artinya tiap orang hanya memakan seekor ikan saja.

Tugas hari ketiga lebih berat. Mereka harus menjelajahi sesuai dengan daerah yang sudah ditetapkan. Sekali lagi, kesabaran mereka diuji. Malam hari, mereka duduk di sekitar api unggun. Kak Ani menjelaskan pada mereka, mengapa Kak Ani memberikan tugas seperti itu. Di akhir penjelasan, mereka menyadari, ternyata Kak Ani sengaja melatih mereka untuk merasakan apa yang disebut pahlawan itu. Pahlawan tidak harus orang yang mati di pertempuran. Pahlawan adalah segala orang yang berjasa pada kita. Nelayan, Petani, Guru juga pahlawan.

Pengumpulan tugas pada Bu Lisa mereka lakukan dengan gembira. Mereka semakin mengerti arti dari pahlawan. Mereka berjanji pada diri mereka sendiri dengan saksi pohon jambu tempat mereka bertemu, bahwa mereka nanti akan berusaha menjadi orang yang berguna.

Dibanding novel anak-anak sejenis terbitan Balai Pustaka lainnya, novel ini lebih nge-pop. Kata nge-pop disini berarti novel ini lebih bergaya bahasa mirip novel-novel saat ini padahal edisi pertama dari novel ini dibuat pada tahun 1983. Kemungkinan ini disebabkan karena tokoh utama bergaya sudut pandang orang pertama narator dan kebetulan tokoh utama ini juga agak jenaka dan jahil. Tokoh-tokoh di novel lain, kebanyakan terlihat serius, berbicara dengan tingkat kesopanan tinggi dan terlalu kentara menggurui pembaca. Saya bisa maklum, novel ini memang untuk anak-anak. Makna positif lebih diutamakan. Namun menurut saya, jika mereka membaca novel tidak seperti membaca buku pelajaran, minat baca mereka pastilah lebih menggebu-gebu. Apalagi jika novel ini dibaca oleh orang dewasa, kesan kakunya sangat kentara. Bandingkan dengan novel bernuansa anak-anak dari Jepang seperti Sagai no Gabai Baachan dan Totto-chan. Kedua novel ini juga bercerita tentang dunia anak-anak dengan gaya tulis yang tidak membosankan, bahkan bagi orang dewasa sekalipun.

Saya tak meragukan tema buku anak-anak. Selalu baik. Begitu juga dengan tema buku ini. Plot pun juga tidak terlihat asal-asalan. Antar adegan dirancang dengan baik. Misal, ketiga tugas dari Kak Ani memang mempunyai arti tertentu dan itu dijelaskan oleh tokoh Ani di bagian akhir buku. Penjelasan ini rupanya juga memacu mereka untuk bercita-cita luhur, menjadi orang berguna saat mereka dewasa.

Daftar Tokoh:

Nama Tokoh Keterangan
Indra Tokoh utama; narator
Bu Lisa Guru Indra; memberi tugas pada Indra dan kawan-kawannya tentang kepahlawanan
Bu Inggrid Penjaga perpustakaan
Ferry Teman sekolah Indra
Dian Teman sekolah Indra
Ina Teman sekolah Indra
Edi Teman sekolah Indra
Mira Teman sekolah Indra
Yosafat Teman sekolah Indra
Leo Teman sekolah Indra
Ina Teman sekolah Indra
Wisma Teman sekolah Indra
Kak Ani Kakak Indra
Ester Adik Indra
Mbok Giyem Pembantu Kakek-Nenek Indra
Yohana Sepupu Indra
Adi Sepupu Indra
Bibi Indra
Orangtua Indra
Pak Min Pembantu di tempat kakek Indra

 

 

4 responses to “Aku Calon Penggantimu

  1. Ah, aku ingat pernah membaca buku ini di perpustakaan SD.🙂 Tapi sudah lupa2 ingat tentang ceritanya, hehe. Rancangan sampulnya itu khas banget.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s