Miss Peregrine’s Home For Peculiar Children


PeculiarChildrenJudul Buku: Miss Peregrine’s Home For Peculiar Children
Penulis: Ransom Riggs
Tebal Halaman: 382
Penerbit: Quirk Books
Tahun Terbit: 2013, cetakan pertama
ISBN: 978-1-59474-603-1

Jacob tidak percaya pada cerita Abraham Portman mengenai anak-anak berkemampuan khusus. Semuanya berubah saat Abe dibunuh oleh Hollowgast.

Jacob sedang berada di tempat kerja ketika kakeknya, Abraham, menelepon. Abe mengatakan bahwa dia membutuhkan pistol untuk mempertahankan diri. Jacob berpura-pura tidak tahu. Seluruh keluarganya menganggap Abe sudah pikun dan sering berhalusinasi. Mereka bersepakat mengunci senjata-senjata Abe di suatu tempat dan menyembunyikan kunci.

Saat tiba di rumah, Jacob menemukan kakeknya terluka parah dan meninggal. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, dia berpesan “Temukan burung itu. Dalam loop. Pada sisi lain makan pria tua. 3 September 1940

Jacob menceritakan pada Polisi bahwa dia melihat monster di dekat lokasi Abraham tewas. Tentu saja Polisi tidak percaya. Franklin, ayah Jacob, membawa Jacob pada Dr Golan. Psikiater itu menyarankan pada orangtua Jacob agar membawa anaknya ke pulau, tempat halusinasi Abraham berasal. Mereka berharap dengan menghadapkan Jacob pada kenyataan, dia akan sadar bahwa yang diyakininya sekarang adalah ilusi. Maka pergilah Jacob dan Franklin ke pulau terpencil Cairnholm di pantai Wales.

Jacob menemukan rumah seperti yang diceritakan oleh Abraham. Tempat tersebut berantakan. Sebuah lubang menganga terhampar di dekatnya. Jacob memastikan bahwa lubang tersebut bekas bom Jerman yang meledak saat perang dunia II.

Tanpa sengaja, Jacob bertemu dengan Emma Bloom. Tanpa disadarinya, Jacob mengejar Emma yang terlihat ketakutan sampai memasuki portal waktu. Portal tersebut menghubungkan antara waktu sekarang dengan suatu tempat pada tanggal 3 September 1940. Nantinya Jacob akan terkejut, karena dia akan menjumpai anak-anak berkemampuan khusus seperti cerita Abraham Portman dalam keadaan masih hidup dan masih berumur belasan.

Sampul novel cukup mencekam. Diambil dari foto jadul, bergambar seorang gadis kecil dalam keadaan setengah mengambang di udara. Penyajian novel juga cukup menarik. Penulis melengkapi dengan foto-foto hitam putih masa lampau. Foto-foto seperti ini memang menimbulkan rasa mencekam dan penasaran. Saya berpikir ini cerita horor. Tetapi tidak. Saya cenderung mengategorikan novel ini sebagai fantasi. Kalau Anda pernah membaca Harry Potter. Bisa saya katakan novel ini mirip-mirip seperti itu. Sebuah novel yang berbicara ada dunia lain diluar dunia masa sekarang. Untuk memasuki dunia tersebut, orang harus memasuki portal waktu.

Meskipun novel ini bukan horor, saya tetap tidak kecewa. Pertama-tama, terdapat foto-foto untuk mendukung cerita, kedua, penulis dapat menjaga pembaca agar terus membaca. Ada empat plot besar dalam cerita ini. Masing-masing plot mempunyai daya ketertarikan tersendiri untuk dibaca. Hanya sayangnya, pendalaman karakter agak kurang. Mungkin karena novel ini ber-sudut pandang orang pertama, sehingga terlarang untuk mengobok-ngobok pikiran karakter lain? Namun demikian saya bisa dikatakan cukup puas. Setidak-tidaknya chemistry antara Emma Bloom dan Jacob bisa saya rasakan karena digambarkan dengan cukup indah.

Gaya bercerita ringan. Cerita sangat mudah dimengerti. Tetapi tetap saja novel ini bukan untuk anak-anak. Beberapa pemikiran tokoh bisa saya kategorikan dewasa, apalagi penggambaran “kekerasan terhadap domba”, begitu pula dengan penggambaran kemesraan Jacob dan Emma.

Saya rekomendasikan buku ini bagi pembaca dewasa yang membutuhkan cerita ringan tetapi menarik. Bukan horor tetapi tetap mencekam. Bukan romansa tetapi tetap terasa getaran cinta. Sebuah buku menarik yang dicipta dengan ide kreatif.

Daftar Tokoh

Nama Tokoh

Keterangan

Jacob Portman Tokoh utama. Cucu Abraham Portman. Dapat melihat monster
Abraham Portman Ayah dari Franklyn Portman
Franklin Portman Anak dari Abraham Portman
Emma Bloom Dapat mengeluarkan api dari tangannya
Olive Dapat mengambang di udara
Horace Dapat meramal masa depan
Bronwyn Mempunyai kekuatan luar biasa
Claire Mempunyai mulut di belakang kepala
Millard Mempunyai tubuh yang tak terlihat
Miss Alma LeFay Peregrine Pelindung anak-anak berkemampuan lebih
Dr Golan Psikiater Jacob Portman
Kev Pemilik bar
Ricky Teman Jacob
Fiona Dapat menumbuhkan tanaman dalam waktu singkat
Enoch Dapat membuat makhluk hidup dari organ-organ makhluk lain
Susie Adik Franklin Portman
Dylan Pekerja pada penjual ikan. Mengantar Jacob pada bekas rumah Miss Peregrine
Boby Paman Jacob Portman

13 responses to “Miss Peregrine’s Home For Peculiar Children

  1. setahu saya buku ini trilogy, benar/tidak? sekedar bertanya, jadi bisa sekalian hitung” waktu buat bacanya hehehehehe

    Suka

  2. Ini bahasa indonesia?atau bahasa inggris?

    Suka

  3. ini nggak ada indonesianya ya?

    Suka

  4. Hi Ocitamala.
    Dimana kira2 saya bisa mendapatkan bukunya?
    Saya ingin membelinya juga.
    Thanks!

    Suka

  5. aih, saya baru tahu ada blog yang suka meresensi buku… telat sekali.. *bookmarked*

    Suka

  6. masukin daftar antri beli ahhhh…😀

    Disukai oleh 1 orang

  7. pengen juga punya bukunya. sayang, belum dulu utk sekarang ini. jadi cukup senang bisa baca reviewnya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s