Resensi Novel Sampai Maut Memisahkan Kita Karya Mira W


SampaiMautMemisahkanKita-MiraWJudul Buku: Sampai Maut Memisahkan Kita

Penulis: Mira W

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Halaman: 336 Halaman

Tahun Terbit: 1992

ISBN: 979-511-562-6

 

Febrian menghamili Inge. Terpaksa Febrian harus menikahinya, padahal Inge sudah bertunangan dengan Agus. Ketika mengetahui anaknya mati dalam keadaan cacat, Febrian mengalami impotensi. Hanya karena The Blue Angel, Febrian sembuh. Apakah Inge setuju menceraikan Febrian?

Febrian menggoda Inge, gadis di fakultas Kedokteran yang terkenal tak dapat ditaklukkan. Keuletan Febrian membuahkan hasil. Inge sedikit demi sedikit mau menerima Febrian. Padahal Inge sudah bertunangan dengan Agus, seorang pemuda yang sedang belajar di Jerman. Celakanya, hubungan mereka menyebabkan Inge hamil. Mereka berusaha dengan segala cara menggugurkan kandungan tetapi tak berhasil. Dengan terpaksa Febrian menikahinya.

Akibat dari pengaruh obat-obatan untuk aborsi, bayi mereka lahir dalam keadaan mati dan bengkak disana-sini. Keadaan bayi ini menyebabkan Febrian merasa bersalah. Sejak itu dia mengalami impotensi.

Inge tidak tahan dengan keadaan Febrian. Dia bermaksud meminta cerai dan kembali ke oarangtuanya. Febrian menyerahkan urusan perceraian kepada orangtuanya dan ia pergi ke Los Angeles, Amerika. Disana ia bertemu dengan The Blue Angel, seorang gadis yang berprofesi di tempat hiburan kaum adam sebagai wrestler.

Angel mengetahui keadaan Febrian. Dia berupaya menyembuhkan impotensi Febrian. Saat Febrian sembuh, ia mengajak Angel ke Indonesia untuk dikenalkan pada orangtuanya. Febrian bermaksud menikah dengan Angel. Namun masalah timbul kembali. Febrian menghamili Inge. Mengetahui hal ini, orangtua Inge tidak menginginkan perceraian mereka terjadi. Angel kembali ke LA dengan perasaan kecewa. Satu hal yang tidak diketahui Febrian saat itu, Angel sedang mengandung anak mereka.

Angel sudah mati-matian mengorbankan segala harta bendanya demi cintanya kepada Febrian. Angel keluar dari tempat dia dikontrak dua bulan sebelum tanggal kontrak berakhir. Dengan demikian dia harus membayar denda agar tidak dituntut ke pengadilan. Ini dilakukannya untuk menjaga kehamilannya. Demi menghidupi dirinya dan anaknya di kemudian hari. Angel bekerja sebagai pelacur.

Saya sudah lama tidak membaca karya-karya Mira W. Ketika membaca kembali karya-karyanya, saya menjadi kecanduan. Mira W banyak menggunakan senandika. Penggunaan senandika (terutama pada tokoh utama yang bertipe protagonis) sangat mengundang emosi tertentu pada pembaca. Banyak adegan yang menyentuh perasaan. Apalagi plot pada novel ini bisa dikatakan bergelombang jika digambarkan secara grafik sehingga ceritanya tak terasa datar.

Saya tak seberapa mengenal Mira W. Tapi tampaknya Mira W sangat mengenal dunia kedokteran. Istilah-istilah kedokteran banyak bertebaran. Saya jadi ingat karya-karya Marga T. (Mungkin Mira W seorang dokter seperti Marga T?)

Hanya dua kekurangan dari novel ini. Saya tak dapat merasakan setting tempat dengan baik. Mira W kurang menggambarkan beberapa tempat dengan detil sedemikian rupa sehingga pembaca seakan-akan berada disana. Untuk urusan ini, karya Mira W tampak berbeda dengan karya Marga T. Begitu juga dengan penggambaran tokoh. Fisik tokoh juga tak dapat saya rasakan. Saya cuma tahu Febrian cakep. Angel cantik. Inge berbadan seksi. Cuma itu.

Dibandingkan dengan novel-novel dewasa saat ini. Karya Mira W ini memang polos. Tinjaulah semisal, First Love Forever Love karya Shuyi yang selalu diawali dengan puisi. Bahkan bahasa yang dipakai juga apa adanya. Namun saya rasa justru disinilah letak kekuatan narasi Mira W. Sebagai karya fiksi, bahasa yang dipakai tetaplah harus “dipermak” agar indah, namun tetap tak meninggalkan realitas bahasa yang dipergunakan orang dewasa pada dunia nyata. Bisa dikatakan bahasa Mira W proporsional.

Daftar Tokoh

Nama Tokoh Keterangan
Febrianto Budiman Tokoh utama. Mantan mahasiswa kedokteran
Inge Istri Febrian. Mantan mahasiswi kedokteran
Rinto Sahabat Febrian. Seorang dokter
Mary Teresa Wilson “The Blue Angel” Pacar Febrian. Seorang ahli gulat wanita
Cindy Anak Febrian dan The Blue Angel
Angel Anak adopsi Inge dan Febrian
George Manajer The Blue Angel di LA
Beverly Sahabat The Blue Angel
Mike Suami The Blue Angel
Paul Teman Febrian di LA
Sani Teman Inge dan Febrian
Saroso Dosen kedokteran yang dijuluki Si Muka Bangkai
Dokter Curtis Dokter yang berusaha menyembuhkan Febrian
Pak dan Bu Oni Orangtua Angel
Dokter Pitono Dokter ahli syaraf yang menolong Febrian mendirikan tempat penampungan bagi penderita penyakit genetika

 

One response to “Resensi Novel Sampai Maut Memisahkan Kita Karya Mira W

  1. Slamat siang teman-teman semuanya, smoga sukses slalu …..!!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s