Resensi Novel Fantasi Hollow City Karya Ransom Riggs


PeculiarChildren2Judul Buku: Hollow City, The Second Novel Of Miss Peregrine’s Peculiar Children.
Penulis: Ransom Riggs
Tahun Terbit: 2014
Jumlah Halaman: 399 Halaman
Penerbit: Quirk Books
ISBN: 978-1-59474-717-5

Sekelompok anak berkemampuan tak biasa berangkat menuju London. Satu tujuan mereka: menyelamatkan Miss Peregrine dari cengkeraman Wigth

Bagaimana nasib Emma Bloom dan Jacob Portman? Apakah mereka tetap saling menghormati sebagai Nenek dan Cucu? Ataukah mereka akan saling mencintai selayaknya kekasih? Ini adalah pertanyaan-pertanyaan saya setelah membaca Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children Buku pertama. Dengan keaadaan sakauw, saya mencari lanjutannya, Hollow City. Dan inilah sekelumit ringkasan dan pengalaman membaca oleh saya.

Loop di Cairnholm diserbu oleh Wight, dipimpin oleh Dr. Golan. Dengan sekuat tenaga, anak asuh Miss Peregrine dan Jacob berusaha untuk merebut kembali Miss Peregrine dalam bentuk burung Elang karena diracuni oleh Wight, sehingga dia tidak dapat berubah menjadi manusia kembali.

Setelah membunuh Dr Golan, mereka bersama-sama meninggalkan loop menuju pulau terdekat. Mereka berusaha menyembuhkan dan mengembalikan wujud Miss Peregrine ke bentuk manusia kembali. Di pulau itu, mereka menemukan loop yang dipimpin oleh Miss Wren. Sayangnya, Miss Wren tidak ada di tempat. Dia telah pergi ke London untuk menyelamatkan Ymbryne yang ditawan oleh Wight. Maka berangkatlah mereka ke London menyusul Miss Wren.

Di London, mereka bertemu dengan Melina, si gadis telekinetik dan Joel-Peter Si Buta bersaudara, pemancar frekwensi. Bersama mereka berdua, anak asuh Miss Peregrine menuju Cathedral, suatu tempat yang mereka duga sebagai tempat persembunyian Miss Wren.

Tampilan buku ini benar-benar wah. Kertas cukup tebal. Sampul memakai foto asli hitam-putih. Cerita di dalamnya juga dilengkapi dengan foto-foto asli. Font huruf juga bagus dan besar untuk ukuran orang berkaca mata.

Karakter-karakternya benar-benar unik. Ransom Riggs menggambarkan dengan baik. Saya bisa merasakan bahwa tokoh yang lain mempunyai karaker yang berbeda dengan tokoh lain. Lihatlah betapa polosnya yang Si Olive mengira bahwa teman barunya dijual gara-gara ia melihat stiker pada gadis itu. Rasakan pula betapa menjengkelkan si Enoch. Selalu kasar, berbicara tanpa tedeng aling-aling, membuat pendengarnya kadang merasa tersinggung. Atau Si Emma yang pemarah namun lebih bisa mengendalikan diri diantara anak-anak lainnya.

Ransom Riggs menyebar ketegangan secara baik di sepanjang cerita. Dia mengetahui saat menambah ketegangan disaat saya mulai bosan dengan plotnya, sehingga minat baca saya naik kembali. Meskipun masalah yang dihadapi di buku ini cuma dua: menyembuhkan Miss Peregrine dan bertarung dengan Wight sepanjang perjalanan mencari penyembuhan tersebut. Di bagian akhir, Ransom Riggs juga dengan cerdas meninggalkan jejak penasaran sehingga saya ingin membaca kelanjutan ceritanya. “Jejak penasaran” tersebut adalah kata-kata dari Emma Bloom, “I love you Jacob.” (meyebabkan saya ingin mengetahui kelanjutan cinta mereka) dan bertambahnya kemampuan Jacob sehingga dia mampu memerintah Hollowgast (membuat saya tak sabar membaca para Hollowgast bisa dibunuh oleh Jacob).

Buku ini bukan buku terakhir dari lanjutan Miss Peregrine Home’s for Peculiar Children. Masih ada lanjutan ketiga. Nah, lho. Sayangnya, sampai saat saya menulis resensi ini, Buku ketiga-nya, Library Of Souls, belum saya dapatkan.

Daftar Tokoh:

Nama Tokoh Keterangan
Jacob Portman Peculiar Children. Kemampuan: Mendeteksi Hollogast. Berasal dari masa kini
Emma Bloom Peculiar Children. Kemampuan: Membuat api dari tangannya. Berasal dari masa lampau
Olive Abroholos Elephanta Peculiar Children. Kemampuan: Sanggup mengangkat dirinya dari tanah. Berasal dari masa lampau
Bronwyn Bruntley Peculiar Children. Keahlian: bertenaga besar. Berasal dari masa lampau
Fiona Frauenfeld Peculiar Children. Kemampuan: Menumbuhkan tanaman
Hugh Apiston Peculiar Children. Mempunyai pasukan lebah dalam dirinya
Claire Densmore Peculiar Children. Mempunyai mulut kedua di belakang kepala
Alma Lefay Peregrine Ymbryne. Pengasuh Loop Cairnholm
Millard Nullings Peculiar Children. Pemuda dengan tubuh tak terlihat
Horace Somnusson Peculiar Children. Anak yang sering bermimpi tentang masa depan
Enoch O’connor Peculiar Children. Sanggup menganimasikan benda mati seakan-akan hidup untuk beberapa waktu
Franklin Portman Ayah Jacob Portman
 Miss Wren  Ymbryne. Pengasuh Peculiar Animal
 Althea Peculiar Children. Kemampuan: membuat lingkungan menjadi beku karena berubah menjadi es
Addison Peculiar Animal. Berwujud anjing
Deirdre Peculiar Animal. Berwujud kuda campur keledai
Caul Wight yang menyamar

4 responses to “Resensi Novel Fantasi Hollow City Karya Ransom Riggs

  1. Yg buku kedua ini udh ada yg bahasa Indonesia nya kak?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s