Sekedar Ide Membuat Kisah Cinta Fiksi


Sejak blog saya berdiri di tahun 2012, banyak pengunjung blog meminta artikel tertentu pada saya. Salah satu permintaan yang sering diajukan adalah Bagaimana Membuat Cerita Cinta?

Saya rasa setiap orang pernah jatuh cinta. Maka seharusnya membuat cerita cinta itu gampang saja. Tetapi tidak setiap orang mempunyai keterampilan membuat daftar apa saja yang terjadi ketika mereka jatuh cinta. Cerita cinta tidak sekedar A ketemu B, lantas mereka berpacaran. Dan di ujung cerita kita menulis ‘Akhirnya mereka berbahagia selama-lamanya’. Harus ada sesuatu yang menyentuh pembaca. Mempengaruhi emosi mereka. Cerita fiksi adalah mengenai seberapa jauh sebuah cerita dapat tampak nyata. Kita tahu dinosaurus sudah punah, tetapi kita merasa ngeri saat melihat Jurasisc Park. Seakan-akan mereka hidup. Cerita cinta juga harus senyata itu.

Apa yang saya sampaikan berikut ini bukan harga mati. Beberapa penulis mempunyai formula lain. Namun menurut pengalaman saya, poin-poin dibawah ini selalu membuat saya dalam keadaan ekstase baik saat membaca maupun saat menulis cerita cinta.

  1. Pertemuan
    Pertemuan antara calon sepasang kekasih adalah langkah awal mereka menjalin hubungan. Oleh karena itu adegan pertemuan antara calon kekasih sangat penting. Adegan pertemuan adalah langkah awal menggiring pembaca agar perhatian dengan tokoh yang kita buat.Pertemuan sepasang kekasih mempunyai banyak variasi. Berikut ini cuma sekedar panduan saja apabila Anda masih belum mempunyai bayangan.

    Hal Apa yang Membuat Mereka Bertemu?
    Apakah mereka teman? Mantan teman? Keluarga jauh? Atau kebetulan bertemu di jalan?

    Bagaimana Tanggapan Tiap Pribadi Saat Mereka Berjumpa?
    Ada penulis yang mempertemukan pasangan kekasih sebagai ‘bekas musuh’. Jadi mereka harus bertengkar secara imut dulu baru kemudian saling suka. Seperti pepatah jawa witing tresna jalaran saka kulina Bibit cinta tumbuh dari sering ketemu. Mereka sering bertemu karena bertengkar dan akhirya justru saling jatuh cinta. Ceritakan serunya dan adu pandang mereka dalam permusuhan sebelum memuncak menjadi kekasih.

    Ada juga yang langsung mempertemukan mereka karena mereka tertarik secara fisik. Cantik, ganteng, tinggi gagah, kaya, dan lain-lain dan langsung jatuh cinta sehingga isi cerita mengisahkan perjalanan mereka sebagai kekasih. Ceritakan perubahan chemistry mereka sepanjang perjalanan mereka memadu kasih.

    Apakah Mereka Langsung Jatuh Cinta?
    Ada pertemuan yang langsung membuat mereka saling suka sehingga cerita fiksinya bercerita mengenai masa-masa mereka memadu kasih. Ada juga yang ‘jatuh cinta’-nya nanti-nanti, sehingga isi ceritanya tentang perjuangan mereka sampai mereka menjadi kekasih.

  2. Halangan

    Novel/Cerpen adalah cerita tentang sebuah masalah. Tanpa masalah, cerita fiksi hanyalah selayak surat kabar. Berilah pasangan kekasih tersebut sebuah halangan dalam perjalanan cinta mereka. Halangan bisa dari mereka sendiri atau dari luar mereka.

    Halangan dari mereka sendiri
    Kekerasan, cemburu, bohong, sering ingkar janji, pekerjaan, tidak konsisten, sakit, mati

    Halangan dari luar
    Orangtua, teman, sahabat, mantan, masyarakat, anak dari salah satu pasangan, penjaga sekolah, tetangga

  3. Narasikan Sehingga Cerita Tampak Nyata

    Jangan membuat jalan cerita menjadi abrakadabra, lantas mereka jatuh cinta. Penulis harus memberi alasan kenapa mereka jatuh cinta. Mungkin cewek A senang melihat cowok B selalu membantu orang lain. Mungkin cowok B mengagumi cewek A karena dia cewek mandiri. Buatlah cerita yang mengandung perubahan keadaan tokoh utama dari halaman satu ke halaman terakhir.

    Ceritakan pikiran mereka, tanggapan mereka terhadap tokoh lain. Gambarkan penampakan visual mereka yang berhubungan dengan kisah cinta mereka. Ceritakan bagaimana mereka berdua mengatasi halangan-halangan pada hubungan mereka sampai akhirnya memuncak di halaman-halaman terakhir buku Anda.

Kisah cinta dimungkinkan menjadi klise. Agar pembaca tidak bosan. Variasikan kisah cinta. Misal, biasanya cowok nembak duluan si cewek, sekarang ubah cewek duluan. Biasanya cinta selalu antara si kaya dan si miskin, kenapa tidak sama-sama miskin? Dengan begitu pembaca akan mengenali ciri khas Anda yang membedakan dengan penulis lain.  Ujung-ujungnya bisa saja mereka kembali membeli buku Anda karena suka tipe cerita tersebut.

 

 

Iklan

4 responses to “Sekedar Ide Membuat Kisah Cinta Fiksi

  1. Terima kasih idenya.Pucuk Dicinta nih. Saya sedang belajar menulis kisah cinta fiksi. Saya sudah punya ide tapi belum bisa membuat dialog.Tambah lagi Mas ide-ide lainnya, ya.Ditunggu!

    Disukai oleh 1 orang

  2. suka kata “bertengkar imut” terimakasih ilmunya kak 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s