Resensi Novel Sepolos Cinta Dini Karya Mira W


SepolosCintaDiniJudul Buku: Sepolos Cinta Dini

Penulis: Mira W

Penerbit: Gramedia

Tahun Terbit: 1984, cetakan kedua

Sampul: Nana

Jumlah Halaman: 160

ISBN:

Boy adalah playboy manja. Suatu ketika dia diharuskan memilih siapa diantara wanita-wanita yang dikencaninya untuk menjadi pendampingnya.

Boy malas. Mahasiswa kedokteran swasta ini tak pernah serius kuliah. Dia hanya serius mengejar wanita-wanita cantik.

Saat mengantar Nuning, Boy berhenti di sebuah halte bus. Dia melihat seorang gadis tampak ketakutan karena didatangi dua orang laki-laki. Boy menyelamatkannya. Gadis itu, bernama Dini, bersimpati terhadap Boy dan tinggal di rumah Boy untuk sementara waktu sampai mendapatkan pekerjaan.

Dewi,peragawati mantan Boy yang tinggal di Paris, kembali ke Indonesia. Dia berusaha mendapatkan cinta Boy kembali. Dulu Boy meninggalkannya karena Dewi lebih memilih pekerjaannya daripada Boy. Tetapi sekarang Dewi beralasan bahwa dia lebih suka dunia perfileman.

Dewi mulai meneror wanita-wanita Boy. Mulai dari Atiek, Nuniek dan Dini. Dewi menggembar-gemborkan bahwa dirinya sebentar lagi akan menikah dengan Boy. Ia sendiri tak mencegah teror Dewi karena sering tak berdaya terhadap pesona Dewi.

Suatu saat, ada masa ketika Boy benar-benar jatuh. Ujian negara kedokterannya gagal. Ayahnya mengusirnya dari rumah dan wanita-wanitanya pergi meninggalkannya. Tetapi hanya satu yang tidak, wanita itu bernama Dini.

Tensi ketegangan kurang. Baru kali ini saya membaca karya Mira W tanpa menimbulkan perasaan apa-apa. Saya biasanya terbawa emosi protagonis, tetapi kali ini tidak. Dini tak menunjukkan sesuatu sehingga saya berempati. Mungkin karena karakternya kurang kuat. Begitu juga dengan Boy dan Dewi, terasa kurang “menyiksa” Dini. Sebagai tokoh baik-baik di luar Boy kehadirannya hanya datar di sepanjang cerita. Kesimpulannya watak protagonis dan antagonis sama-sama kurang kuat. Apa mungkin karena jumlah halamannya terlalu sedikit sehingga susah untuk mengembangkan cerita?

Untungnya kekecewaan saya akan para tokoh tidak sama dengan kekaguman saya akan dialog. Nilai plus bisa saya berikan untuk dialog. Mira W memang bagus kalau membuat dialog. Novel apapun karya Mira W selalu membuat saya ketawa-ketiwi. Dialognya sungguh konyol, terkesan asal. Saya terkadang bertanya-tanya bagaimana proses Mira W membuat dialog-dialog tadi. Apakah kepribadian Mira W memang seperti itu? Saya tidak merasa seperti membaca tetapi mendengar. Mendengar dua orang bercakap-cakap disamping saya.

Background untuk cerita tentang mahasiswa kedokteran cukup bagus. Tidak heran, Mira W adalah seorang dokter. Tetapi background untuk karakter Dini tidak kuat. Jadi sudah ada dua hal yang membuat saya tak ber-empati terhadap Dini. Karakternya kurang kuat, background-nya juga tidak. Akibatnya apa? Akibatnya ketika Dini diserang Dewi dan disakiti Boy, saya tak merasa apa-apa. Menurut saya hal ini patut disayangkan, sebab hanya kepada Dini jabatan protagonis lebih layak disandang. Kenapa? Karena Boy tidak protagonis juga tidak antagonis. Boy adalah tokoh plin-plan. Sehingga tidak dapat diharapkan mendapat simpati/empati dari pembaca. Boy kadang baik kadang juga “jahat”, sedangkan Dini dari awal memang baik.

Daftar Tokoh:

Nama Tokoh Keterangan
Boy Tokoh sentral
Dini Permana Gadis desa yang diselamatkan Boy
Nuning Teman Boy sesama mahasiswa kedokteran
Atiek Teman Boy sesama mahasiswa kedokteran
Dewi Mantan Boy. Model yang beralih profesi sebagai bintang filem
Anto, Arifin, Henny, Anita, Toto, Abidin Teman Boy sesama mahasiswa kedokteran
Joko Paman Dini
Arman Permana Kakak Dini
Iskandar Ayah Boy
Mang Ujang Tukang kebun Boy
Bi Iyem Pembantu Boy

 

Iklan

10 responses to “Resensi Novel Sepolos Cinta Dini Karya Mira W

  1. koleksi novelnya gak mas ? susah banget cari nya .. siapa tu mas ada minat utk menjual

    Suka

  2. Pasar loak surabaya alamatnya dimana mas?

    Suka

  3. Terbitnya sudah lama sekali yak 0.0

    Suka

  4. okta infonya bagus. kapan-kapan aku boleh minta pendapatnya ya..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s