Resensi Novel Horor Petak Umpet Minako Karya @MANHALFGOD


HororRakBukuJudul Buku: Petak Umpet Minako

Jumlah Halaman: 397

Editor: Mahir Pradana

Proof Reader: Dewi Fita

Tata Letak: Gita Mariana

Desain Sampul: Gita Mariana

Penulis: @MANHALFGOD

Penerbit: Rak Buku

Tahun Terbit: 2015, cetakan pertama

ISBN: 602711405-3

Vindha mencoba permainan dari Jepang, Hitori Kakurenbo. Dan satu persatu pemainnya menemukan ajal

Gaby menelepon Baron. Ia sedang ketakutan di bekas sekolah mereka yang sudah lama tidak terpakai. Baron tergesa-gesa menuju mantan sekolahnya. Dan kejadian-kejadian tak menyenangkan terjadi.

Baron mendapatkan cerita dari teman-temannya bahwa Vindha telah mengajak mereka melakukan Hitori Kakurenbo, suatu permainan petak umpet dari Jepang. Permainan ini melibatkan boneka yang diisi oleh roh yang marah karena balas dendam. Roh inilah yang menjadi penjaga pertama kali. Orang-orang yang tertangkap oleh boneka ini akan mati karena rohnya dihisap oleh Minako, nama boneka tadi, menjadi penjaga dan mencari-cari sisa pemain yang lain.

Baron segera mencari Vindha, berusaha mencari tahu bagaimana mengakhiri permainan gila itu. Sayang sekali, Vindha mati jatuh dan tercekik Liliana, salah satu penjaga. Namun di saat-saat terakhir, Vindha merobek-robek buku diarinya. Baron curiga penyelesaian permainan ini ada di buku diari Vindha dan berusaha mengumpulkan robekan-robekannya.

Baron bertemu dengan geng Mami. Dan pengawalnya, Brutus dan Samson. Destra tidak mengijinkan Baron dan Kaisar masuk ke tempat persembunyian geng Mami. Baron menawarkan diari Vindha sebagai imbal jasa agar mereka dapat masuk ke tempat mereka. Baron mengatakan bahwa pada diari Vindha terdapat cara untuk mengakhiri permainan. Tetapi Kaisar dan Baron menyembunyikan satu halaman robekan diari Vindha sebagai antisipasi terakhir agar Baron dan Kaisar dapat lolos juga dari permainan andai geng Mami mengkhianati mereka.

Rencana disusun untuk menjebak Minako tetapi gagal. Semua orang berlarian kemana-mana menghindari amukan Minako.

Saya tidak tahu novel ini sebelumnya. Bahkan tidak pernah mendengar judulnya. Saya hanya tertarik membelinya karena ada gambar boneka Okiku; siapa yang tidak mengenal boneka Okiku. Semua penggemar horor pasti tahu boneka dari Jepang yang rambutnya dapat tumbuh memanjang meskipun berulangkali dipotong.

Tulisan judulnya tidak bagus. Butuh waktu untuk membaca tulisan Petak Umpet Minako. Font di buku juga tidak menarik. Apalagi penyajian tulisan di HP dengan kotak garis putus-putus juga terkesan tidak berseni. Tetapi—

Ceritanya sangatlah menarik. Pembukaan cerita juga langsung mencekam. @manhalfgod memberikan peraturan permainan petak umpet hantu langsung di halaman pertama. Baru kali ini saya membaca cerita horor dengan ketegangan langsung di lembar-lembar awal. Sungguh. Penulis benar-benar piawai menuliskan 397 halaman cerita horor hanya dengan setting utama di bekas sekolah para tokoh dengan banyak tokoh dan masing-masing kepribadian mereka serta menghubungkan semuanya dalam sebuah buku.

Plot benar-benar ciamik. Masing-masing kejadian terhubung dengan baik. Mengagumkan. Penulis menghubungkan diari, hubungan antar tokoh, masa sekolah mereka, omongan-omongan sekilas dan sodoran psikologi tokoh dengan baik. Gila! Saya belum pernah membaca cerita horor dengan kesetanan seperti membaca Petak Umpet Minako ini. Saya bahkan hampir tidak tidur karena ingin tahu kejadian-kejadian selanjutnya. Penasaran.

Saya sungguh heran akan kesempurnaan novel ini. (Saya belum pernah membuat resensi dengan mengacungkan keempat jempol saya. Dua jempol tangan dan dua jempol kaki). Penjelasan setting juga digambarkan menyebar sepanjang novel, sehingga menghindarkan kebosanan pembaca jika dituliskan dalam satu paragraf atau malah satu halaman.

Kepribadian masing-masing tokoh tergambar dengan baik. Saya bahkan merasa mereka bukan tokoh fiksi. Mereka nyata. Dialognya alamiah. Masing-masing tokoh juga punya emosi. Apalagi dengan bergantian menceritakan masa-masa SMA mereka dan kejadian saat ini, sehingga semakin membuat mereka mempunyai alasan “kenapa mereka bersikap begini-begitu” terhadap tokoh yang lain.

Saya merekomendasikan novel ini kepada pecinta cerita horor. Meskipun gaya penutupan klise karena sudah terlalu sering dipakai di cerita-cerita horor gaya barat. Bahkan mirip game Silent Hill karena tokoh-tokohnya harus memecahkan sedikit misteri agar bisa keluar dari masalah mereka , tetapi secara keseluruhan saya puas. @MANHALFGOD bisa menjadi penulis kompetitor yang cukup berbahaya bagi penulis cerita horor lain.

 

Daftar Tokoh

Nama Tokoh Keterangan
Baron Tokoh utama
Vindha Teman Baron. Menyukai Baron sejak kecil
Gaby Pacar Baron
Destra, Tiara, Brutus, Samson, Kaisar, Liliana, Adam, Edward, Happy, Poltak, Mami Teman-teman Baron
Akane Teman Vindha dari Jepang
Sayaka Kakak Akane
Randy Teman Baron. Menyukai Vindha
Fitri Teman kerja Baron
Albi, Anto, Rini Anak Fitri
Haris Atasan Baron

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s