Bagaimana Mencari Uang Lewat Tulisan


Sudah sering menulis? Bahagia? Atau sudah kendor? Jangan kuatir. Itu gejala biasa dari rutinitas. Adakalanya rehat memang diperlukan. Tetapi ada satu hal yang membuat “rasa-menulis” tetap ada. Uang. Ini sudah pasti.

Jika Anda sudah sering menulis, entah cerpen, cerbung, blog atau sekedar buku diari, maka tahap selanjutnya adalah mengomersilkan tulisan Anda. Banyak cara mendapatkan uang dari menulis. Cara mana yang cocok, itu tergantung dari kemampuan Anda sendiri.

Ghost Writer

Anda bisa menjadi ghost writer, alias penulis hantu. Ghost writer adalah orang yang menuliskan sesuatu bagi orang lain. Bisa cerpen, cerbung, novel atau nonfiksi lainnya. Orang tersebut membayar Anda dan hak ciptanya, sehingga Anda tidak berhak meng-klaim tulisan tadi sebagai milik Anda, alias beli-putus. Rugi? Tergantung Anda, sih. Tetapi ghost writer banyak dicari, lho. Saya sendiri juga ghost writer soalnya..he..he..he.

Review Produk

Produk dalam artian disini adalah segala hal yang membutuhkan pengomersialan. Bisa komputer, gadget, atau buku. Anda bisa membuat review secara online di blog, koran atau majalah. Kalau secara online, Anda dapat menuliskan lewat blog atau mencari situs-situs yang menyediakan diri sebagai tempat review produk. Ingat satu hal. Review produk termasuk pekerjaan panas. Anda harus siap-siap mendapat respon negatif.

Mengirim ke Media Massa/Penerbit

Cara ini sudah terkenal. Setiap orang juga tahu. Saya sarankan Anda mempunyai manajemen untuk karya Anda yang akan dikirimkan. Sebagai contoh, jika karya Anda tidak diterima di penerbit tertentu, Anda dapat mengirimkan ke penerbit lain. Catat tanggal, tukang kirim paketnya (JNE, Kantor Pos, TIKI), jumlah biaya kirim maupun ongkos nge-print menjadi naskahnya. Jika lewat email, catat emailnya, tanggal kirim, sehingga dapat memastikan apa perlu menghubungi pihak penerbit lagi atau tidak. Ingat, tidak semua penerbit/media massa mau mengadakan kontak dengan penulis. Perhatikan ini untuk menjaga kesopanan.

Penulis Blog Bayaran

Ada juga orang yang memiliki blog tetapi tidak ingin menulisnya. Dia membayar orang lain untuk menulisnya. Yang saya maksud blog disini bisa blog biasa seperti blogspot.com atau wordpress.com ataupun situs yang benar-benar komersial. Silakan googling, banyak situs-situs besar yang membutuhkan penulis untuk situs mereka.

Mencetak Tulisan secara Indie

Banyak orang yang memberikan penilaian negatif terhadap sesuatu yang bersifat indie. Itu disebabkan karena indie tidak punya pengawas mutu. Anda sendiri yang membuat, Anda sendiri juga yang memoles. Tidak semua orang mempunyai kemampuan seperti ini atau memang malas melakukannya sehingga produk yang dihasilkan acak-adut, padahal tulisan adalah produk jual seperti produk-produk lainnya. Pembaca pastilah membutuhkan sesuatu yang baik untuk uang yang mereka keluarkan. Apakah Anda sendiri mau membeli produk yang asal-asalan? Penulis harus belajar menjadi marketing dan editor juga. Jika produk yang Anda jual mempunyai kualifasi yang layak untuk dibeli, saya yakin, mencetak tulisan indie dapat menghasilkan uang. Tahukah Anda, The Martian, film tentang seseorang yang tinggal sendirian di Mars, adalah hasil adaptasi cerita indie?

Menyewakan Cerita/Novel Online

Sekarang sudah jaman online. Apa-apa bisa dilakukan secara online, termasuk membaca cerita/novel. Ada yang mengatakan fenomena ini sebagai perpustakaan online. Bagaimana cara kerjanya? Namanya juga perpustakaan, maka cara kerjanya adalah: Orang memilih cerita/novel yang disukainya, lantas membacanya selama periode waktu tertentu. Nah, ini dia, bagaimana membatasi waktu baca? Kan ini online, bukan fisik. Banyak cara sih. Kebanyakan adalah memakai DRM (digital rights management). Maka, setelah waktu baca terlewati, otomatis file tersebut tidak dapat dibaca lagi.

Membuat Blog Untuk Menarik Iklan

Fenomena ini juga sudah menjamur bagai jamur di musim jamur…eh. Pokoknya sudah banyak yang melakukannya. Cara kerjanya, Anda menulis sesuatu di blog Anda yang menarik pembaca, jika secara peringkat alexa dan google pagerank Anda tinggi, tentu saja akan menarik orang untuk mengiklankan produk di blog Anda. Sedikit tips, pakailah google trends untuk mengetahui minat orang-orang di suatu saat.

Sumber gambar: medium.com

Iklan

4 responses to “Bagaimana Mencari Uang Lewat Tulisan

  1. ini saya lagi cari siapa yg mau saya review diblog saya. sayangnya nggak nemu.. hihi

    Suka

  2. untuk menjadi ghost writer apakah ada jangka waktunya? apakah jdi ghost writer harus terikat? jadi ada deadline nya, dll…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s